Edaran PWNU Jateng Tentang Sholat Eid 2020

Edaran PWNU Jateng Tentang Sholat Eid 2020

Admin
Kamis, 14 Mei 2020

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Jawa Tengah, telah menerbitkan surat edaran terkait penyelenggaraan Sholat Eid (Idul Fitri) Tahun 2020. Surat edaran ini dibuat untuk menyikapi pandemi Covid-19 dan ketentuan darurat wilayah provinsi Jawa Tengah.

Surat edaran bernomor PW.11/360/C/V/2020 tertanggal 14 Mei 2020 yang ditujukan kepada PCNU, Pengurus MWCNU, dan Pengurus Ranting NU se-Jawa Tengah ini merupakan hasil keputusan rapat pada hari yang sama.

Edaran Sholat Idul Fitri

Isi surat tersebut, sebagaimana NU Pati terima, menyatakan bahwa shalat Ied merupakan syiar agama dan sunnah muakkad sehingga menjaga dan melestarikannya merupakan bentuk perintah agama. Namun berhubungan dengan terjadinya pandemi Covid-19 (corona) yang ketentuan daruratnya baru berakhir pada 29 Mei 2020 menyebabkan pelaksanaan Shalat idul Fitri masih dalam suasana tersebut.

Untuk itu, PWNU Jawa Tengah, mengambil sikap sebagai berikut:
  1. Sholat Eid yang dilakukan secara berjamaah lebih utama daripada yang dilakukan secara sendiri-sendiri
  2. Sholat Eid dapat dilaksanakan di rumah
  3. Jika dilaksanakan secara berjamaah di luar rumah, dianjurkan kepada penyelenggara agar berkoordinasi dengan pejabat setempat dan tetap memenuhi protokol kesehatan
  4. Senantiasa memohon kepada Allah Swt, semoga bangsa dan negara ini terbebas dari segala bahaya dan fitnah, menuju terwujudnya negara yang adil, makmur dan sejahtera di bawah ampunan Allah Swt

Selengkapnya bunyi edaran tersebut dapat dibaca di bawah ini

Edaran Sholat Idul Fitri

Demikian edaran PWNU Jawa Tengah terkait penyelenggaraan Sholat Idul Fitri tahun 2020 ini yang harus dilaksanakan dalam suasana kedaruratan akibat pandemi Covid-19 (virus corona). Yang diharapkan dapat menjadi pedoman bagi semua jajaran pengurus NU dan warga NU se-Jawa Tengah. (Munir/LTNNU)