LTN NU Jadi Narasumber Rumat Literasi IPNU-IPPNU

LTN NU Jadi Narasumber Rumat Literasi IPNU-IPPNU

Admin
Minggu, 02 Februari 2020

JAKEN - Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Pati ikut menjadi narasumber dalam Rumat Literasi yang diselenggarakan oleh PC. IPNU-IPPNU Kab. Pati, Ahad (2/2/2020) Pagi. Acara Rumat Literasi yang digelar di MA Darul Ulum Jaken ini menjadi rangkaian tur Rumat Literasi yang rencananya akan digelar di setiap eks-kawedanan se kabupaten Pati.

Dalam acara yang diikuti oleh anggota IPNU dan IPPNU dari kecamatan Jaken, Jakenan, Pucakwangi, dan Winong ini, tim LTN NU Kab. Pati menyampaikan materi terkait dengan jurnalistik dasar.

Rumat Literasi IPNU IPPNU Pati

Dua anggota LTN NU Kabupaten Pati, yang juga merupakan Redaksi NU Pati, bergantian memaparkan ilmu kejurnalistikan. Keduanya adalah Ali Munir dan Fikrul Umam.

Dalam salah satu pemaparannya, Fikrul Umam menyampaikan bahwa jurnalistik erat kaitannya dengan literasi. Literasi merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa, termasuk salah satunya adalah bahasa tulisan dalam bentuk jurnalistik.

Selain penyampaian materi dasar jurnalistik, sesuai dengan namanya, kegiatan juga diisi dengan pembahasan terkait dengan literasi dan kemampuan melakukan resensi buku. Materi terkait dengan resensi buku disampaikan oleh mentor-mentor dari PC. IPNU-IPPNU Kab. Pati.

Menurut rencana, rangkaian kegiatan ini akan dilanjutan dengan Rumat Literasi yang akan digelar, masing-masing di eks Kawedanan Juwana, Kayen, Pati, dan Tayu. (Munir/LTNNU)