Jakenan Awali Peringatan Hari Santri dengan Kirab Santri

Jakenan Awali Peringatan Hari Santri dengan Kirab Santri

Admin
Minggu, 20 Oktober 2019

JAKENAN - Mengawali rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2019, MWCNU Kecamatan Jakenan bekerja sama dengan berbagai kalangan menggelar kegiatan Kirab Santri 2019. Kirab Santri yang dilangsungkan pada Ahad (20/10/2019) ini diikuti oleh sekurangnya 40 lembaga dan organisasi se-Kecamatan Jakenan.

Kirab Santri Se-Kecamatan Jakenan dimulai pukul 13.45. Camat Jakenan, Aglis Muljana, SH, memimpin langsung pemberangkatan Kirab Santri Jakenan di halaman Kantor Camat Jakenan. Turut mendampingi Forkopimcab, Rais Syuriyah MWCNU, KH. Ahmad Suja'i, Ketua MWCNU, Aris Sutopo, S.Pd, MM, dan jajaran pengurus MWCNU Jakenan lainnya.

Kirab Santri Jakenan
Camat Jakenan, Aglis Muljana, SH, bersama Rais dan Ketua MWCNU Jakenan, Panitia Hari santri, dan Forkopimcab Jakenan, melepas Kirab Santri Jakenan 2019

Dari halaman Kantor Camat Jakenan, Kirab Santri ini menempuh rute beberapa desa mulai dari ujung timur, selatan hingga barat wilayah kecamatan. Mulai dari desa Tanjungsari, Sidomulyo, Jatisari, Karangrejolor, Puluhantengah, dan Sembaturagung. Berlanjut ke Glonggong, Tambahmulyo Sendangsoko, dan Kedungmulyo.

Rute kirab masih berlanjut melalui desa Ngastorejo, Karangrowo, Sidoarum, Kalimulyo, hingga finish di Lapangan Olahraga Desa Glonggong.

Menurut seksi kegiatan Kirab Santri, Sholihin, S.Pd.I, rute kirab memang didesain mencakup wilayah kecamatan mulai ujung timur hingga barat.

"Pokoknya dari ujung timur sampai ujung barat kecamatan," ungkap Sholihin.

Menurut Ketua Panitia Peringatan Hari Santri Kecamatan Jakenan, Kharisun, S.Pd, kegiatan Kirab Santri ini merupakan kali kedua. Sebelumnya, pada peringatan tahun 2018 juga telah dilaksanakan acara Kirab Santri.

Kirab Santri Jakenan
Rombongan peserta Kirab Santri Jakenan 2019

Masih menurut Kharisun, S.Pd, peserta kirab meliputi MI, MTs, TPQ, Madrasah Diniyah se Kecamatan Jakenan. Ditambah dengan Badan Otonom NU yang ada di Kecamatan Jakenan.

"Bahkan beberapa Ranting Muslimat NU dan Fatayat NU juga ikut serta," ungkap Kharisun yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmilyah Kecamatan Jakenan.

Setelah pelaksanaan Kirab Santri Jakenan, masih terdapat beberapa kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan oleh Panitia Hari Santri Kecamatan Jakenan. Puncaknya adalah Upacara Peringatan Hari Santri yang akan digelar pada 22 Oktober 2019 di Lapangan Olahraga Desa Glonggong. (Mun/LTNNU)