Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MMH Tayu Cetak 90 Calon Anggota IPNU-IPPNU

Suasana pembukaan Makesta IPNU IPPNU MMH Tayu, Kamis (2/9)


TAYU - MA Miftahul Huda  mengadakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Makesta merupakan tahap kaderisasi pertama dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Agenda ini diharapkan mampu mencetak kader yang mampu menjalankan tugas di tengah-tengah masyarakat dengan memegang ajaran Islam yang rahmatan lil alamin yang berhaluan ahlussunah wal jama'ah.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh kepala madrasah Abdul Ro'uf, dalam apel pembukaan Makesta Pimpinan Komisariat (PR) IPNU dan IPPNU MA MMH Tayu, Kamis (3/9). Ia juga berharap agar kegiatan yang digagas ini nantinya mampu melahirkan pelajar-pelajar NU yang bermanfaat dan mampu meneruskan perjuangan NU di masa mendatang. 

“Makesta harus mencetak generasi yang bisa menghidupkan pelajar- pelajar NU baik di lingkungan pendidikan maupun di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Dalam sambutannya juga, Abdur Ro'uf meminta pengurus IPNU dan IPPNU serius dalam pelaksanaan Makesta kali ini. Tujuannya, lanjut Ro'uf agar jebolan Makesta MMH Tayu benar-benar menjadi kader NU militan.  

90 Orang

Makesta MMH Tayu kali ini diikuti oleh 90 peserta. Hal ini terkonfirmasi dari ketua panitia, Hanif. 

Menurut Hanif 90 peserta tersebut terdiri dari 46 calon anggota IPNU dan 44 calon anggota IPPNU. Kegiatan ini pula berlangsung selama dua hari. 

Setiap peserta, lanjut Hanif dibekali dengan materi-materi seputar nasionalisme dan ke-NU-an. Bukan hanya itu, materi keorganisasian juga ditanamkan demi membangun generasi IPNU dan IPPNU yang militan seperti didawuhkan oleh kepala Madrasah. 

“Seperti biasanya peserta diberikan materi dasar untuk memperkuat pondasi NU, dari materi tentang Aswaja ala NU, amaliyah NU, ke-Indonesia-an, IPNU IPPNU, keorganisasian dan ditambahkan satu materi tentang kepemimpinan,” ungkap Hanif.

Hanif juga menerangkan bahwa menyelenggarakan acara di tengah pandemi penuh dengan tantangan. Sebagai warga NU yang baik, Hanif beserta panitia lainnya telah mempersiapkan matang-matang Makesta ini agar tetap terlaksana dengan lancar dan tentunya taat Prokes. 

Untuk itu, lanjut Hanif, ia telah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Hal ini dilakukan untuk membantu penerapan Prokes selama Makesta. 

“Mulai dari pengecekan suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker dan hand sanitizer, serta tetap jaga jarak kepada seluruh panitia dan juga peserta,” terangnya.

Istimewa

Kegiatan yang berlangsung di MMH Tayu, desa Tayu Wetan tersebut merupakan kegiatan yang begitu istimewa. Pasalnya, Makesta kali ini dihadiri oleh Ketua PC IPNU Kabupaten Pati yang baru, Matsna Zakuyatus Salwa. Menurutnya, ini merupakan agenda perdana setelah ia terpilih sebagai nakhoda IPNU pati. 

"Ini tugas perdana setelah saya terpilih, pak," ungkapnya kepada pcnupati.or.id sambil berkelakar. 

Matsna, dalam acara itu juga memberikan wejangan kepada para calon anggota IPNU dan IPPNU MMH Tayu. Ia menegaskan bahwa tugas yang diemban para pelajar NU ini bukanlah tugas yang sepele. 

Mengutip dari ketua PCNU Pati dalam sambutan Konfercab IPNU/IPPNU kemarin, Matsna menyampaikan bahwa ada empat amanah yang diemban seluruh kader NU dari semua tingkatan. Keempat amanat tersebut adalah amanatun nahdliyah, amanatut tarbiyah, amanatul wathaniyah dan amanatul ummah. 

"Ini bukan menjadi beban, tapi justru menjadi tantangan bagi kita semua," tandasnya.

Selain Matsna, agenda ini juga dihadiri Pembina Pengurus Komisariat (PK) IPNU IPPNU MMH Tayu, Akhmad Mudzakkir dan ketua PAC IPNU Kecamatan Tayu  Ni'amullah. Dalam sambutannya, Mudzakkir juga menekankan kepada aspek prestasi. 

"Pelajar komplit itu aktif di organisasi, unggul dalam prestasi, dan tetap tawadhu' kepada bapak/ibu guru," tuturnya.(MMH/lut/ltn)


Posting Komentar untuk "MMH Tayu Cetak 90 Calon Anggota IPNU-IPPNU"