Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa IAIN Kudus Kolaborasi Karang Taruna Bulumanis Kidul Tanam Pohon Mangrove

Dua orang mahasiswi peserta KKN IAIN Kudus Margoyoso sedang menanam pohon mangrove di bibir pantai Bulumanis Kidul.


MARGOYOSO – Untuk melestarikan ekosistem pantai, Karang Taruna Desa Bulumanis Kidul, Margoyoso Pati rutin seminggu sekali melaksanakan pembersihan sampah. Bukan hanya itu, para pemuda ini juga aktif malkukan pengecekan dan penanaman mangrove di pesisir pantai Desa Bulumanis Kidul.

Kegiatan bersih-bersih pantai dan tanam pohon mangrove ini dilaksanakan setiap Minggu sore. Namun, ada perbedaan dalam kegiatan tersebut pada Minggu (12/9). Dalam agenda ini, tim Kuliah Kerja Nyata-Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus Kecamatan Margoyoso berkesempatan membantu dalam pelaksanannya.

Ahmad Farid Ma'ruf Fradana, Ketua Karang Taruna Desa Bulumanis Kidul mengatakan, kegiatan ini tidak hanya melibatkan dari kalangan pemuda, tapi juga melibatkan semua lapisan masyarakat dan lembaga desa. 

“Masyarakat maupun lembaga yang ada di Desa Bulumanis Kidul dapat terlibat dalam kegiatan tersebut,” katanya. 

Hingga saat ini, sambung Fradana, jumlah pohon mangrove yang ditaman sekitar 3000 bibit. Jumlah tersebut diharapkan dapat terus bertambah seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga berfokus pada pembersihan sampah yang berserakan. 

“Keberadaan sampah tersebut menunjukkan adanya kebiasaan buruk masyarakat dalam membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Terakhir, ia juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Kecamatan Margoyoso yang turut ambil bagian dan berpartisipasi dalam membantu pelaksanaan kegiatan.

Selain menanam pohon mangrove, Karang Taruna plus mahasiswa KKN juga mengadakan bersih pantai


“Terima kasih kepada seluruh teman-teman (KKN-IK Kecamatan Margoyoso) yang telah bersedia berpartisipasi dan membantu kegiatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Amirotul Khoiriyah, Ketua KKN-IK Kecamatan Margoyoso IAIN Kudus, mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi desa. Selain itu, juga dapat menjaga kebersihan dan mempererat tali persaudaraan antar masyarakat. 

“Dapat berdampak positif bagi kelangsungan ekosistem  serta kehidupan masyarakat pada umumnya. Keikutsertaan anggota KKN-IK Margoyoso ini diharapkan mampu membangun kesadaran akan lingkungan dan contoh yang baik bagi masyarakat,” harapnya.(timKKN/ltn)



Posting Komentar untuk "Mahasiswa IAIN Kudus Kolaborasi Karang Taruna Bulumanis Kidul Tanam Pohon Mangrove "