Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Memulai Bisnis dari Hobi

 

Jika berbicara hobi, pasti semua orang mempunyai hobi.Akan tetapi jarang sekali orang yang mau menjadikan hobinya itu untuk memperkaya diri. Padahal apabila kita memulai sebuah bisnis berdasarkan dari hobi tentunya di dalam menjalankannya dengan sepenuh hati. Sebab pekerjaan yang kita jalani berdasarkan kehendak hati.

            Sering kali kita tidak menyadari bahwa apa yang sering kita lakukan sebagai hobi memilki potensi manfaat dan keuntungan yang luar biasa. Baik secara ekonomi maupun sosial, bagi diri sendiri  maupun orang lain. Dalam karya Gunawa Ardiyanto yang bertajuk kafe buku memberikan sebuah penjelasan tenang memulai bisnis dari hobi. Karena berbisnis berdasarkan hobi kita mempunyai dua keuntungan, permata hobi kita tersalurkan, kedua mampu mendatangkan materi.

            Meskipun begitu, sedikit sekali orang yang bisa memahami perihal hobi yang bisa mendatangkan materi. Semisal seorang penulis akan melebarkan hobinya menjadi pemilik took buku. Ia tidak hanya memasarkan bukunya orang lain, tapi juga bisa memasarkan bukunya sendiri. Konsep sebuah toko pun bisa dikembangkan menjadi sebuah kafe buku atau pusat pelatihan penulisan dan kreatiitas lain yang masih berhubungan dengan perbukuan.(hlm 22)

            Salah satu peluang kita untuk membuka sebuah usaha adalah dengan memulai sebuah usaha yang bermula dari hobi atau kesenangan. Usaha tersebut sangat memungkinkan digeluti sebab sudah menjadi hobi. Kemudahan lain yaitu kita dapat memperoleh berbagai informasi dan komukasi dengan bantuan internet dan media sosial.

            Dengan banyaknya kemudahan tersebut kita diberi kemudahan dalam menjalankan bisnis berdasarkan hobi. Akan tetapi dengan kemudahan tersebut jangan sampai kita terlena dan lupa tentang pedoman-pedoman memulai menjalankan dan mengembangkan bisnis kita. M. Hariwijaya dalam buku 7 Jurus Jitu Memulai Bisnis, memberikan beberapa pedoman yang di uraikan dalam beberapa hal, yakni keuntungan, kemampuan teknis, pangsa pasar,  bahan baku, tenaga kerja, modal, resiko, persaingan, fasilitas usaha, prospek masa depan dan aturan hukum.(hlm 23)

            Setiap orang yang membuka usaha pastinya yang di cari adalah keuntungan. Akan tetapi keuntungan terhadap bisnis yang kita jalani akan berbeda-beda dan sering juga mengalami kerugian. Untuk itu dalam berbinis kafe buku penulis mencoba memberikan pengalamannya tentang mengurangi resiko kerugian dalam menjalankan bisnis ini. Yaitu dalam kafe buku kita bisa membuat acara diskusi dengan penulis secara langsung, bedah buku dan seminar kepenulisan, sebisa mungkin dalam kafe buku yang kita buat harus unik dan berbeda dengan kafe-kefe yang sudah ada. Jika desain tempatnya menarik tentu banyak orang yang tertarik.

            Untuk itu, buku ini sebagai solusi buat mereka yang mau berwirausaha memalui hobi yang di geluti selama ini. Tentu dengan begitu hobi yang di jalani akan mempunyai nilai ekononi yang tinggi apabila di jadikan sebuah usaha. Karena memulai bisnis dari hal yang disukai dan sesuai dengan passion kita pada umumnya memiliki tingkat bertahan dan eksistensi yang lebih lama.

            Seperti yang diakui oleh beberapa pelaku usaha yang sukses. Hal ini akan menjadi modal utama sebagai motivasi awal bagi diri sendiri dan tak mudah menyerah dan lebih enjoy dalam menjalankan sebuah usaha. Induvidu yang menjalaninya pun lebih total dan profisional, lebih tahan banting, bahkan lebih happy. Siapa pu mereka yang menggeluti bisnis yang diawali dengan hobi tidak akan menganggap pekeerjaannya sebagai beban, melainkan sebuah kegiatan yang ia sukai dan cintai.

 Judul Buku      : Kafe Buku

Penulis             : Gunawan Ardiyanto

Penerbit           : Metagraf

Tahun Terbit    : Desember 2014

Tebal               : 144 hlm

ISBN               : 978-602-9212-75-4

Peresensi         : Niam At Majha

           

 

Posting Komentar untuk "Pedoman Memulai Bisnis dari Hobi"