Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JQHNU Pati Gelar Khatmil Quran Serentak di 33 Lokasi

Suasana Pembukaan majelis khatmil qur'an PC. Jam'iyyatul Qurra' wal Huffaz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kab. Pati yang acaranya dilaksanakan serentak di 33 lokasi yang berbeda, Ahad 22 Agustus 2021 (foto: istimewa)

WINONG - Pimpinan Cabang Jam'iyyatul Qurra' wal Huffaz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Pati menggelar acara khatmil quran serentak di 33 lokasi yang berbeda, Ahad, 22 Agustus 2021. Ke-33 lokasi yang digunakan sebagai majelis khatmil qur'an tersebut tersebar di berbagai desa di kecamatan Winong.

Majelis Khatmil Quran memang menjadi kegiatan rutin dan salah satu program kerja JQH Nahdlatul Ulama Kabupaten Pati. Selain sebagai wadah silaturrahmi bagi ahli Qira'atul Qur'an, mudarosah JQHNU ini pun sebagai ajang untuk saling mempelajari tilawah (bacaan) Al Quran sekaligus tentunya untuk memelihara kesucian Alquran.

Pada penyelenggaraan-penyelenggaraan yang sebelumnya, majelis khatmil quran biasanya diselenggarakan terpusat dalam satu tempat. Namun pada penyelenggaraan kali ini, di luar kebiasaan, dilaksanakan di 33 tempat sekaligus.

Menurut Ketua JQH NU, KH. Ali Zuhdi, ketika dihubungi NU Pati selepas acara, hal ini untuk mencegah terjadinya kerumuman mengingat masih diberlakukannya PPKM oleh pemerintah. 

Dibaginya majelis dalam beberapa lokasi ini juga hasil koordinasi dengan MWC NU Kecamatan Winong.

"Ranting-ranting NU di Winong sangat antusias dan banyak yang menghendaki ditempati," ungkap Kyai Ali Zuhdi. "Karena itu akhirnya kegiatan digelar di 33 tempat terpisah sekaligus".

Ke-33 tempat tersebut tersebar di desa Sarimulyo, Wirun, Winong, Kebowan, Pekalongan, Gunung Pati, Karangmalang, dan Degan. Lokasinya ada yang di masjid, musala, pondok pesantren, madrasah, hingga rumah warga NU.

Acara dibuka pukul 08.00 di Pondok Pesantren Az Zuhud, Sarimulyo Winong. Turut hadir dalam acara pembukaan Ketua PCNU Kabupaten Pati, K. Yusuf Hasym, M.S.I dan Ketua MWCNU Kec. Winong, Dhofir Maqoshid beserta jajarannya.

Ketua PCNU Kabupaten Pati, K. Yusuf Hasym, M.S.I, mengungkapkan selamat dan ucapan terima kasihnya atas keaktifan PC. Jam'iyyatul Qurra wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kabupaten Pati.

"Baru saja beberapa waktu lalu terbentuk sudah aktif melaksanakan kegiatannya," ungkap Kyai Yusuf Hasyim. "Semoga ke depan, seluruh qurra dan huffadz yang ada di kabupaten Pati ikut bergabung dalam wadah JQHNU untuk lebih mensyiarkan dakwah Islam Ahlussunah wal Jama'ah melalui Al-Qur'an. Apalagi jumlahnya di Pati sudah sangat banyak dan tersebar di ranting-ranting NU."

Berdasarkan pengamatan NU Pati, antusiasme anggota JQH sangat besar dalam mengikuti kegiatan ini. Baik di lokasi pembukaan dan penutupan acara, maupun di tempat-tempat yang telah ditetapkan sebagai majelis khatmil qur'an. 

Didasarkan pada daftar hadir panitia, sekurangnya 189 huffadz tercatat sebagai peserta. Padahal direncanakan kegiatan hanya akan diikuti oleh sekitar 100 peserta, dengan asumsi tiga peserta dalam setiap satu majlisnya.

Hal ini disikapi sangat positif oleh Ketua JQH NU Kabupaten Pati. Sehingga kedepannya akan semakin memotivasi para huffadz untuk aktif dalam kegiatan JQH.

"Semoga akan mampu membumikan Al Quran di lingkungan masyarakat kabupaten Pati," harap Kyai Zuhdi.

Acara ditutup sekitar pukul 12.00 WIB, di Ponpes Az Zuhud, dengan pembacaan doa khotmil quran oleh Penasehat PC. JQHNU Kabupaten Pati, KH. Ahmad Zahid dan KH. Mansyur Murowi. (nir/ltn)

Posting Komentar untuk "JQHNU Pati Gelar Khatmil Quran Serentak di 33 Lokasi"