Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menguak Misteri Dunia Dengan Al-Quran

 

Kendati manusia sudah sangat lama menghuni bumi, tetapi masih banyak misteri di dunia ini yang belum terkuak. Sebut saja beberapa misteri seperti; adakah Alien? Peri, fakta atau mitos? Berbagai misteri fenomena alam yang menakjubkan, dan sebagainya. Buku ini mencoba memaparkan 50 misteri dunia menurut Al-Quran.

            Buku ini secara garis besar terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama membahas berbagai fenomena misterius alam. Ada berbagai macam artefak alam yang mengagumkan seperti; The Great Blue Hole, Balancing Rock, Salar de Uyuni, The Eye of Sahara, dan Chocolate Hills. Semua misteri fenomena alam tersebut dijelaskan dalam buku ini. Pada setiap pembahasan misteri alam, penulis juga mengajak pembaca merenung. Misal mengenai misteri fenomena alam, adanya kreasi alam menunjukkan adanya pengkreasi. Demikian sunnatullah yang bisa dipahami, baik secara akal sehat maupun hati nurani (hal. 25).

            Adakah kehidupan di luar bumi? Bila ada, siapakah dan seperti apakah makhluk tersebut? Adakah alien? Sampai saat ini pertanyaan-pertanyaan tersebut belum menemukan titik terangnya (hal. 26). Lantas, bagaimana Islam memandang fenomena alien? Hal yang patut dikritisi oleh kaum Muslim adalah jangan langsung percaya dengan berita-berita tentang penampakan UFO dan alien karena banyak diantaranya yang berkategori hoax (hal. 33). Masih banyak lagi fenomena misteri alam yang dibahas pada bagian pertama buku ini, seperti tentang batu bergerak, banjir darah di antartika, Yeti, Jin Makkah, dan sebagainya.

            Pada bagian kedua buku ini membahas situs, artefak, dan fosil misterius. Beberapa misteri yang sudah populer adalah misteri segitiga bermuda, kain kafan Yesus Kristus, misteri sinterklas, misteri valentine, dan rahasia di balik simbol 666. Salah satu teori yang paling masuk akal menjelaskan misteri segitiga bermuda adalah teori gas methana. Menurut teori ini, gas methana yang keluar dari dasar laut akan menyembul ke luar dan mengakibatkan tenggelamnya benda-benda yang melintas di atasnya. Para ahli sudah membuktikan dengan beberapa riset bahwa kemungkinan teori tersebut memang dapat terjadi (hal. 182-183). Banyak fenomena alam di sekitar kita yang sampai saat ini masih menjadi misteri. Meski sudah banyak upaya yang dilakukan oleh manusia, tetapi banyak pula misteri yang belum terjawab. Itulah bukti kelemahan manusia jika dibandingkan dengan Sang Maha Pencipta. Hanya Dialah Yang Maha Mengetahui segalanya.

            Pada bagian ketiga buku ini memaparkan tentang berbagai kejadian spektakuler dalam Kitab Suci dan bukti ilmiah kebenaran Al-Quran. Beberapa kejadian spektakuler adalah banjir zaman Nuh a.s., Danau Qarun, kiamat dalam berbagai perspektif agama, dan sebagainya. Salah satu kisah spektakuler di kalangan penganut agama samawi adalah kisah banjir zaman Nabi Nuh a.s. Kisah ini dalam kitab suci agama Yahudi dan Nasrani merupakan awal kembali lagi bagi kehidupan di muka bumi setelah zaman Nabi Adam a.s. (hal. 275). Berdasarkan bukti-bukti arkeologis, peristiwa bahtera Nabi Nuh dan banjir yang mengiringnya memang benar ada. Hal ini sekaligus membantah pendapat orang-orang ateis bahwa kisah-kisah yang dibawa oleh para nabi dan rasul yang telah diutus oleh Allah Swt adalah dongeng belaka (hal. 279). Peristiwa banjir pada zaman Nabi Nuh seharusnya menjadi pelajaran bagi kita, bahwa mudah sekali bagi Allah Swt untuk mendatangkan azab bagi hamba-Nya yang kufur kepada-Nya.

            Buku ini selain memberikan wawasan kepada pembaca mengenai misteri-misteri yang ada di dunia dan membuat penasaran, tetapi juga mengarahkan pembaca untuk lebih mengenal kebesaran Allah Swt. Karena itu, buku ini sangat penting dibaca terutama oleh orang-orang yang ingin meningkatkan imannya kepada Allah Swt.            Salah satu keistimewaan dari buku ini adalah menguak berbagai fenomena misteri di dunia lewat penjelasan secara ilmiah serta bagaimana ayat-ayat Al-Quran memandangnya.

 

Judul               
: 50 Misteri Dunia Menurut Al-Quran

Penulis             :  Andrie Mesapati, Luki Andriansyah, Gemma A.

Penerbit           : Mizania

Tahun terbit     : Cetakan I, Juni 2014

Tebal               : 379 hlm

ISBN               : 978-602-1337-10-3

Peresensi         :Niam At-Majha, Pecinta Buku dan Petani kopi

 

Posting Komentar untuk "Menguak Misteri Dunia Dengan Al-Quran"