Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lazisnu Pati Salurkan Daging Qurban Sambil Bagi-Bagi Beras

Proses pengulitan sapi yang disembelih pihak Lazisnu Pati dalam rangkaian kegiatan Nusantara Berqurban 


PATI-PC Lazisnu (Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama) Kabupaten Pati menyelenggarakan Qurban dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idhul Adha 1442 H, kamis (22/07) lalu.  

Penanggungjawab kegiatan qurban ini, Edi Kiswanto menuturkan bahwa agenda bertajuk Nusantara Berqurban tersebut merupakan program turunan langsung dari Lazisnu Pusat. Kemudian, diturunkan ke tingkat Wilayah, Cabang, hingga sampai ke ranting-ranting.

"Program ini merupakan wujud kontribusi NU kepada masyarakat dalam memberi manfaat baik secara jama'ah maupun jam'iyyah," ujarnya. 

Dalam pelaksanaannya, PC Lazisnu Pati berqurban satu ekor sapi. Dagingnya kemudian dibagikan kepada masyarakat terutama yang berada di sekitar Kantor Cabang NU Pati yang juga merupakan sekretariat Lazisnu Pati. 

"Kami berqurban satu ekor sapi untuk nantinya dibagikan kepada masyarakat Pati, khususnya yang di sekitar Kantor Cabang," terangnya. 

Pembagian paket qurban Lazisnu Pati yang berisi daging sapi dan beras


Selain membagikan daging qurban, lanjutnya, PC Lazisnu Pati juga turut membagikan beras kepada warga. Menurut Edi, langkah ini memang telah disepakati oleh para pengurus Lazisnu dalam rapat persiapan Nusantara Berqurban Sabtu (17/07).  

"Kami melakukan koordinasi dengan pengurus dan panitia lainnya sebelum kegiatan terlaksana dan sepakat untuk menambahkan beras. Jadi untuk setiap paketnya berisi daging dan beras," Jelasnya. 

Sesuai Prokes

Edi menjabarkan bahwa dari proses pemilihan hingga penentuan hewan qurban dilakukan dengan teliti dan memilih hewan yang sehat. Selain itu, mulai proses penyembelihan hingga penimbangan daging qurban dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran SOP yang berlaku. 

"Kegiatan ini kami laksanakan dengan sederhana dan tidak melibatkan banyak orang mengingat sekarang masih dalam keadaan PPKM," terangnya. 

Kegiatan ini, lanjut Edi, bertujuan untuk membantu penyediaan pangan khususnya daging sebagai upaya solidaritas masyarakat Pati ditengah kondisi pandemi Covid-19.

"Kami berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan solidaritas antar masyarakat ditengah kondisi PPKM darurat ini." Pungkasnya.(Ina/lut/ltn)

Posting Komentar untuk "Lazisnu Pati Salurkan Daging Qurban Sambil Bagi-Bagi Beras"