Peringati Hari Santri 2020, PC JRA Pati Gelar Pelatihan Praktisi Ruqyah

Peringati Hari Santri 2020, PC JRA Pati Gelar Pelatihan Praktisi Ruqyah

Rabu, 28 Oktober 2020



PATIDalam rangka memperingati Hari Santri 2020, Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Laskar Jolosutro dan LDNU Kabupaten Pati menggelar pelatihan praktisi di Pesantren Al-Fakhry Hadiwijaya Kajen, Margoyoso, Pati. Pelatihan itu ditujukan mencetak praktisi ruqyah yang akan berkhidmat di tengah masyarakat. Pati, (23/10/2020)

“Sebanyak 160-an peserta putra-putri yang mengikuti pelatihan tersebut yang berasal dari Demak, Jepara, Grobogan, Kudus, Jakarta dan Pati Sendiri dengan peserta terbanyak dari Pati Sendiri” Ucap Gus Tomi Selaku Ketua Panitia

Ruqyah merupakan metode penyembuhan suatu penyakit baik medis maupun non medis dengan cara dibacakan ayat-ayat pada orang yang sakit atas izin Allah SWT.

Selama satu hari penuh, peserta pelatihan ruqyah oleh JRA Pati diberi berbagai materi mulai dari sejarah dan hukum ruqyah, ayat-ayat ruqyah Aswaja, hingga ijazahan hizib dan asma’an yang langsung di pimpin Mujiz JRA Gus Allama ‘Alaudin Shiddiqi, M.Pd.I

Selain itu, Peserta juga dilatih dan langsung mempraktikkan cara meruqyah penyakit yang berbeda-beda, deteksi dan penangan jin baik di dalam tubuh maupun di rumah atau kantor, teknik-teknik ruqyah lainnya.

Ketua LDNU Pati KH. Ilham Suprianto menyampaikan bahwa JRA sudah resmi masuk di lembaga NU, yakni sebagai organisasi sayap di LDNU dan kegiatan pelatihan ini memperoleh pembinaan dan dukungan dari seluruh ketua LDNU Se-Kabupaten Pati.

“Khusus di Pati, seluruh ketua LDNU MWC NU se-kabupaten Pati sudah dua kali di undang di Gedung PCNU Pati dan diinstruksikan untuk mendukung dan membina kegiatan-kegiatan JRA di masing- masing MWC.” katanya.

Ketua PCNU Kabupaten Pati, Kiai Yusuf Hasyim menyambut baik kegiatan pelatihan JRA, yang bertujuan untuk mencetak praktisi-praktisi ruqyah yang bermanfaat bagi umat.

“Ditengah suasana pandemi Covid-19 yang belum berakhir, selain ikhitar lahir juga diperlukan ikhtiar batin. Dengan adanya pelatihan praktisi tersebut diharapakan JRA berperan aktif di bidang kesehatan lewat do’a yang dibacakan dari ayat Al-Qur’an.” Ucapnya

Gus Shofi Ketua PC JRA Laskar Jolosutro Kabupaten Pati menyampaikan bahwa pelatihan praktisi ruqyah ini merupakan kedua kalinya setelah pernah dilaksanakan pada tahun 2018 di trangkil dan alhamdulillah animo masyarakat untuk tahun ini untuk mengikuti pelatihan ruqyah meningkat ketimbang tahun kemarin.

“Kegiatan ini juga akan kita laksanakan sebagai dakwah Al-qur’an, Bahwa Al-Qur’an merupakan obat pertama dan utama bagi makhluk yang sakit.” Tambahnya