Cetak Wirausahawan Baru, PC Fatayat Gelar Pelatihan Pengolahan Bandeng

Cetak Wirausahawan Baru, PC Fatayat Gelar Pelatihan Pengolahan Bandeng

Rabu, 28 Oktober 2020



PATI – PC Fatayat NU Kabupaten Pati menyelenggarakan pelatihan untuk mensukseskan program tenaga kerja mandiri dari Kementrian Tenaga Kerja yang berlangsung selama tiga hari (26-28/10/2020) di kantor PCNU Kabupaten Pati. Rabu, (28/10/2020)

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Pati Asmonah Yusuf, M.Pd menyampaikan, pelatihan yang diselenggarakan merupakan pembekalan penciptaan wirausaha baru melalui usaha olahan bahan makanan dari ikan bandeng yang merupakan produk khas kabupaten Pati.

“Sebagai muslim kita harus kuat aqidah, kuat ilmu, kuat fisik dan kuat ekonomi. Perempuan sebagai tiang negara, maka harus bisa membantu jangan menjadi perempuan yang lemah.” Kata Asmonah Yusuf

Pelatihan dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dan sumber daya manusia. Disamping itu sebagai bentuk peningkatan pengetahuan serta sikap ketrampilan dalam mengolah ikan bandeng.

“Para Peserta harus benar-benar memanfaatkab kesempatan ini dan mengambil peluang wirausaha agar dapat membantu keuangan keluarga dimasa pandemi ini.” Tambahnya

Lewat pelatihan ini diharapkan lebih memahami bagaimana cara melakukan pengolahan ikan bandeng. Sehingga melalui keterampilan tersebut dapat membuka atau menumbuhkan semacam industri rumah tangga baru.

Pelatihan juga dimaksudkan untuk membekali peserta akan teori cara-cara proses pengolahan ikan bandeng, persyaratan bahan mentah dan pengolahan ikan bandeng.

Dalam pelatihan tersebut juga diberikan bantuan alat. Untuk pelatihan informasi dan teknologi bantuannya berupa laptop dan printer. Sedangkan pelatihan olahan bahan makanan dari ikan bandeng bantuannya berupa panci presto, alat penggiling daging dan pinset pencabut duri.

Sementara ditemui saat acara Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pati Kiai Yusuf Hasyim, S.Ag, M.Si menyambut positif kegiatan Fatayat NU Kabupaten Pati yang menggandeng Muslimat NU untuk mengadakan pelatihan pengolahan bandeng, dengan ekonomi kreatif dan mandiri sahabat Fatayat diharapkan mampu mengimplementasikan semangat untuk maju dan mandiri di tengah suasana pandemi Covid-19

“Ayo kita kuatkan dan rekatkan kembali sinergitas antara pemerintah dengan NU. Setiap program-program Pemerintah Kabupaten Pati silahkan melibatkan kita, dan tentunya kita siap berkolaborasi dengan dukungan penuh dan totalitas mengerahkan setiap elemen yang ada di NU mulai dari ranting yang berada di kelurahan/desa sampai dengan pimpinan cabang di kabupaten, sehingga acara seperti pelatihan ini memberikan banyak peluang usaha untuk saat ini yang dituntut kreatif dan inovatif”. Ucap Yusuf Hasyim