Masa Pandemi, Lazisnu Penambuhan Tetap Gerakkan Kegiatan Sosial

Masa Pandemi, Lazisnu Penambuhan Tetap Gerakkan Kegiatan Sosial

Admin
Sabtu, 29 Agustus 2020

MARGOREJO-Masa pandemi tidak menghalangi Unit Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqoh (UPZIS) Lazisnu Ranting Penambuhan, Kecamatan Margorejo untuk terus melakukan kegiatan sosial. Bekerja sama dengan warga sekitar dan jama'ah sholawat Nurussalam, Upzis-LAZISNU Penambuhan menyantuni 14 anak yatim di desa setempat. 

Pengurus Ranting NU Desa Penambuhan, Margorejo dan Pengurus Upzis-LAZISNU Desa Prnambuhan melakukan foto bersama usai santuni empat belas anak yatim di desa tersebut


Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman K. Katam Ahmad Baihaqi, Ketua Dewan Syariah Upzis-LAZISNU Penambuhan, Jumat (28/8). Acara ini dihadiri oleh Pengurus Ranting NU Penambuhan, pengurus LAZISNU Penambuhan dan juga para donatur.

Tri Hadi Heru Winarno, selaku sekretaris Upzis-LAZISNU Penambuhan memaparkan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan di masa pandemi ini. Menurutnya, wabah covid-19 yang belum juga usai telah melemahkan berbagai sektor, terutama urusan finansial. Hal ini sediki-banyak juga berdampak kepada anak-anak yatim. 


"Kami melaksanakan kegiatan ini memang karena pandemi covid belum selesai. Semoga ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita." Harapnya. 


Winarno juga menjelaskan keheranannya mengenai antusiasme para donatur. Di masa pandemi seperti ini, ia tidak menyangka bahwa akan banyak donatur yang turut andil dalam pelaksanaan santunan tersebut.


"Kami (Upzis-LAZISNU) tidak sendiri, tapi dibelakang kami ada para donatur yang jumlahnya lumayan." Lanjutnya. 


Ia memang tidak menyebut nominal yang diterima masing-masing yatim. Pihaknya juga tidak melakukan dokumentasi proses santunan. Dua hal ini dilakukan atas dasar kemanusiaan dan dampak psikologis bagi para yatim. 


"Urusan nominal, biarlah nanti urusan kami, donatur dan Allah. Cukup kami tulis di LPJ (Laporan Pertanggungjawaban), tidak perlu saya ekspose ke media." Ungkap Winarno sambil kelakar. 


Sementara itu, Ketua Dewan Syariah Upzis-LAZISNU Penambuhan, K. Katam Ahmad Baihaqi dan Ketua Ranting NU Penambuhan, K. Suhardi berharap agar kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi kaum muslimin untuk tetap melakukan kebaikan meskipun di masa sulit. K. Katam, lebih lanjut juga mendoakan para donatur yang telah turut dalam agenda mulia ini. 


"Mudah-mudahan semua pihak yang terlibat diberikan keberkahan hidupnya dan dimudahkan rizkinya." Tutup K. Katam.