Sambut Ramadhan, Ini Pesan PCNU untuk Warga

Sambut Ramadhan, Ini Pesan PCNU untuk Warga

Admin
Rabu, 22 April 2020

 Ketua PCNU Pati memberikan imbauan kepada warga NU untuk 
PATI-Di tengah pandemi covid 19 yang sedang melanda Indonesia, kaum muslimin dihadapkan dengan Bulan Ramadhan 1441 H.

Momentum ini bisa menjadi media muhasabah diri dan merapat kepada Allah. Namun demikian, puasa tahun ini diakui oleh PCNU Pati, merupakan puasa terberat.

"Kita nanti berpuasa dalam keadaan pandemi corona masih merebak." Ungkap K. Yusuf Hasyim, M.Si., ketua PCNU Pati.

Pihaknya menyadari bahwa problem ummat dalam menyambut Ramadhan dalam pandemi adalah soal mental spiritual. Maka, NU sebagai Ormas islam terbesar merasa memiliki tanggung jawab untuk membantu menegakkan spiritualitas di tengah wabah.

"Kami merasa bahwa NU memiliki andil untuk menjaga mental spiritual masyarakat." Lanjut K. Yusuf.

PCNU mengimbau kepada warga untuk berusaha tetap khusyu menjalankan ibadah selama bulan puasa. Selain itu, masyarakat juga diminta menaati protokoler kesehatan.

Hal ini merupakan bentuk ikhtiyar lahiriyah. Sementara ikhtiyar bathin bisa dilaksanakan seiring bulan Ramadhan, sebab, bulan suci tersebut, menurut K. Yusuf merupakan waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada ilahi.

"Tetap jaga jarak, jaga kebersihan, hindari berkerumun, gunakan masker dan perbanyak mendekatkan diri kepada Allah." Lanjutnya.

Sebagai penutup, kiai muda tersebut berpesan kepada warga agar tetap tenang dan jangan panik menghadapi pandemi. Namun satu sisi segala bentuk usaha lahir dan batin tetap digalakkan demi menghalau pertumbuhan virus corona ini.(karim/ltn)