PCNU Luncurkan Jadwal Imsakiyah

PCNU Luncurkan Jadwal Imsakiyah

Admin
Kamis, 16 April 2020

Maskan (kiri), sekretaris PCNU Pati membagikan cetakan jadwal imsakiyah PCNU pati kepada pengurus-pengurus MWC di rumah masing-masing.
PATI-PC NU Pati, Melalui Lembaga Falakiyah NU (LF-NU) Pati telah berhasil membuat jadwal imsakiyah. Langkah ini merupakan Tindakan nyata untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H. nanti.

Selain LF-NU, PCNU juga melibatkan Lembaga Ta'lif wan Nashr NU (LTN-NU). Peran LTN-NU dalam hal ini adalah sebagai media publikasi dan penyetakan jadwal imsakiyah.

Hari ini, Kamis (16/4) PCNU mendistribusikan hard copy jadwal imsakiyah tersebut ke seluruh MWC-NU yang ada di Kabupaten Pati. Maskan, S.Pd.I., sekretaris PCNU menegaskan bahwa jadwal yang dibagikan sudah melingkupi semua wilayah di Kabupaten Pati.

"Waktunya memang didesain untuk Kabupaten Pati. Jadi sudah pas." Tegasnya.

PCNU sendiri menyetak sedikitnya 1000 eksemplar jadwal imsakiyah. Namun PCNU juga menyediakan jadwal imsakiyah berupa soft copy yang bisa di unduh di akun resmi sosial media Facebook PCNU Pati yaitu NU Pati.

"Yang tidak kebagian cetakan jadwal imsakiyah dari kami, bisa diunduh di akun resmi PCNU Pati." Lanjut Maskan.
Jadwal imsakiyah PCNU Pati untuk menyambul Bulan Ramadhan 1441 H. 

Jadwal imsakiyah yang dicetak oleh PCNU Pati diawali pada tanggal 24 April 2020 dan diakhiri 23 Mei 2020. Perkiraan ini berdasarkan hisab yang dilakukan oleh LF-NU sebagai lembaga yang berkompeten di bidang astronomi.

Namun, PCNU mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menunggu hasil ru'yatul hilal yang dilakukan pemerintah untuk mengawali dan mengakhiri Bulan Ramadhan nanti. Sebab, menurut PCNU, hisab merupakan prediksi semata berdasarkan perhitungan matematis.

"Untuk lebih tepatnya ya harus melihat hilal (bulan) 1 Romadhon. Jangan berpuasa dan berlebaran dulu tanpa ada intruksi dari pemerintah atau dalam hal ini PBNU." Imbau K. Yusuf Hasyim, ketua PCNU Pati.(karim/ltn)