LP Ma'arif NU Pati Gelar Rapat Koordinasi dengan Kepala MI Se Kabupaten

LP Ma'arif NU Pati Gelar Rapat Koordinasi dengan Kepala MI Se Kabupaten

kangmunir
Kamis, 20 Februari 2020

PATI - LP Ma'arif NU PCNU Kab. Pati menggelar rapat koordinasi bersama Kepala MI se Kabupaten Pati, Kamis, 20 Februari 2020. Acara yang diselenggarakan di Gedung NU Kabupaten Pati ini diikuti oleh 66 Kepala Madrasah Ibtidaiyah dari seluruh penjuru Kabupaten Pati.

Tampak hadir dalam acara pembukaan rapat koordinasi antara lain Ketua PCNU Kabupaten Pati, Yusuf Hasyim, M.S.I dan Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Pati, Imron. Keduanya turut memberikan sambutan dan pengarahan.

Rakor LP Ma'arif dan Kepala MI

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua LP Ma'arif NU PCNU Kab. Pati, Adib Al Arif, M.Ag, acara koordinasi bersama Kepala MI se Kabupaten Pati ini merupakan tindak lanjut dari koordinasi yang dilakukan oleh LP Ma'arif NU Kab. Pati bersama Kantor Kemenag Kab. Pati dan pengurus Kelompok Kerja Kepala MI (KKMI) Kab. Pati.

Adib Al Arif mengungkapkan, dari sekitar 200-an MI se-Kabupaten Pati, mayoritas berhaluan aswaja an-nahdliyah. Tetapi untuk kesadaran berjam'iyah perlu digerakkan kembali. "Saya khawatir, jika tidak berjam'iyah, domba itu akan diterkam serigala ketika domba itu lepas dari rombongannya," tandasnya.

Koordinasi ini, lanjutnya, menjadi bentuk sinergi antara LP Ma'arif dengan Kementerian Agama. "Kita bersinergi. Apa yang sudah kita ikuti di KKMI, atau kaitannya dengan Kementerian Agama, insyaallah tidak ada masalah. Semuanya jalan sebagaimana mestinya." ungkap  Adib Al Arif.

Ketua PCNU Kab. Pati, Yusuf Hasyim, M.S.I, menyambut baik langkah-langkah yang dilaksanakan oleh LP Ma'arif dalam rangka menyukseskan program-program yang telah disusunnya. Termasuk pelaksanaan rapat koordinasi bersama dengan Kepala Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Pati. Ini bisa menjadi ajang sosialisasi atas program kerja LP. Ma'arif, terutamayang terkait dengan Madrasah Ibtidaiyah, serta menerima masukan dan saran-saran dari madrasah. Utamanya terkait dengan program SIMNU yang tengah digalakkan di tingkah wilayah. Juga penyelenggaraan Rakerdin LP Ma'arif se Karesidenan Pati, di mana kabupaten Pati bertindak sebagai tuan rumah.

Senada, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, Imron, menyambut baik koordinasi yang telah dilakukan LP. Ma'arif dengan Kemenag. bahkan beliau menyatakan sudah sejak lama menunggu adanya koordinasi tersebut. "Terima kasih kepada LP. Ma'arif yang telah sudi mendudukkan Kementerian Agama sebagai partnership dalam kerangka tata kelola pendidikan di lingkup Nahdlatul Ulama." ungkap Kepala Kankemenag.

Dalam sambutannya, Imron, bahkan merekomendasikan agar dibentuk Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (KKMI NU). "Kalau perlu, hari ini langsung dibentuk. Besok saat Rakerdin dilantik."

Selepas acara pembukaan acara langsung dilanjutkan dengan koordinasi. Materi koordinasi disampaikan bersama Ketua LP Ma'arif Kab. Pati, Adib Al Arif, M.Ag dan Koordinator Bidang Madrasah Ibtidayah, Supadi. Yang pertama adalah sosialisasi program kerja yang telah disusun saat Raker Pengurus LP Ma'arif dan persiapan pelaksanaan Rakerdin LP. Maarif.

Menindaklanjuti rekomendasi dari Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, rapat koordinasi membentuk dan memilih pengurus KKMI NU. Hamdunm S.H.I akhirnya dipilih secara aklamasi oleh peserta Rakor sebagai Ketua KKMI NU Kab. Pati. Didampingi oleh Sukarim (Wakil Ketua), Muhlis (Sekretaris), Sunaryo (Wakil Sekretaris), Endang Wahyuniati (Bendahara), dan Zaenab (Wakil Bendahara). (Munir/LTNNU)