Rekomendasi Kepala Kemenag, LP Ma'arif NU Pati Bentuk KKMI NU

Rekomendasi Kepala Kemenag, LP Ma'arif NU Pati Bentuk KKMI NU

kangmunir
Kamis, 20 Februari 2020

PATI - Rapat Koordinasi LP. Ma'arif NU PCNU Kab. Pati Bersama Kepala MI se Kabupaten Pati yang digelar di Gedung NU, Kamis (20/02/2020) sedianya hanya akan membahas program kerja LP. Ma'arif yang terkait Madrasah Ibtidaiyah dan persiapan penyelenggaraan Rakerdin LP. Ma'arif.

LP Maarif Pati Bentuk KKMI NU

Namun, saat memberikan sambutan dan pengarahan, Kepala Kantor Kementerian Agama, Imron, merekomendasikan untuk membentuk Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (KKMI NU). KKMI NU dapat menjadi organ gerak yang efektif dalam rangka meningkatkan sinergi antara LP. Ma'arif sebagai lembaga yang khusus mengelola MI milik Nahdlatul Ulama dengan Kementerian Agama.

"Kalau perlu, hari ini langsung dibentuk. Besok saat Rakerdin dilantik." tandasnya.

Menanggapi rekomendasi tersebut, Ketua LP. Ma'arif Kab. Pati, Adib Al Arif, M.Ag, mengapresiasi dengan baik. Meski dalam struktur kepengurusan LP. Ma'arif telah ada penanggung jawab yang mengurusi Madrasah Ibtidaiyah yakni, Supadi dan Sukarim. Dengan pembentukan KKMI NU ini bisa menjadi lembaga resmi yang dipunyai LP. Ma'arif dan akan bersinergi dengan KKMI Kemenag, dengan Kemenag sehingga lebih resmi, legal, dan efektif.

Menindaklanjuti rekomendasi dari Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, rapat koordinasi membentuk dan memilih pengurus KKMI NU. Muhammad Hamdun S.H.I, Kepala MI Mansyaul Huda Tayu, akhirnya dipilih secara aklamasi oleh peserta Rakor sebagai Ketua KKMI NU Kab. Pati. Didampingi oleh Sukarim (Wakil Ketua), Muhlis (Sekretaris), Sunaryo (Wakil Sekretaris), Endang Wahyuniati (Bendahara), dan Zaenab (Wakil Bendahara).

Rakor LP. Maarif NU PCNU Pati bersama Kepala MI se Kabupaten Pati ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, Imron dan Ketua PCNU Kab. Pati, Yusuf Hasyim, S.H.I. Agenda utama pembahasan rakor kali ini, selain membentuk KKMI NU, adalah sosialisasi program kerja  LP. Ma'arif dan persiapan pelaksanaan Rakerdin LP. Maarif yang rencananya akan dihelat pada 29 Februari 2020 di Hotel New Merdeka. (Munir/LTNNU)