IPNU/IPPNU Kawedanan Tayu Kedatangan Tamu dari LTN-NU

IPNU/IPPNU Kawedanan Tayu Kedatangan Tamu dari LTN-NU

Admin
Jumat, 07 Februari 2020

DUKUHSETI-Rumat Literasi yang digagas oleh PC IPNU/IPPNU Kabupaten Pati mendarat di Kawedanan Tayu. Berlokasi di Gedung Haji Kecamatan Dukuhseti, IPNU dan IPPNU menggandeng LTN NU Pati demi melancarkan agenda ini.

"Kami mengundang LTN-NU Pati sebagai fasilitator. Ini adalah salah satu bentuk kerjasama IPNU/IPPNU dengan Lembaga-lembaga NU." Tutur Mukhoyyaroh, Dorektur Lembaga Pers dan Jurnalistik IPPNU Pati.

Ketua LTN-NU Pati, Arwani memberikan pemgantar materi tentang berita kepada para peserta Rumat Literasi PC IPNU/IPPNU Pati 

Sementara itu, Arwani, ketua LTN-NU Pati yang hadir Jumat (7/2) siang menyampaikan beberapa poin penting memgenai penulisan berita. Ia datang bersama dua orang rekannya, Fikrul Umam dan Maulana Luthfi Karim. Ketiganya memaparkan materi seputar berita dan jurnalistik.

Arwani menandaskan bahwa jurnalis muda harus dilahirkan dari kalangan NU. Ia menilai bahwa langkah PC IPNU/IPPNU Kabupaten Pati untuk memfokuskan pergerakan pada ranah literasi adalah pilihan tepat.

"Jurnalistik sangat dibutuhkan di era sekarang ini, dengan berbagai media yang makin banyak." Ungkapnya.

Lebih lanjut, pria asal Waturoyo ini, mengajak para pelajar NU untuk menjadi kontributor daerah bagi web PCNU yang dikelola oleh LTN-NU. Hal ini sontak mendapatkan apresiasi dari 50 peserta yang mengikuti pelatihan ini.
Panitia pelaksana berpose bersama pemateri dari LTN-NU Pati

Sementara Fikrul Umam, yang menyampaikan kejurnalistikan, juga menyampaikan hal yang sama. Ia menyemangati peserta dengan membagikan copy klipping karyanya di berbagai media massa.

"Menulis yang terpenting adalah berkelanjutan." Uangkapnya.

Maulana Luthfi Karim, sebagai pemateri terakhir, mengerucutkan pembahasan pada detil-detil kepenulisan, khususnya berita. Ia menjelaskan panjang-lebar seputar berita yang layak terbit dan bagaimana menjadikan berita layak terbit.

Di penghujung pemaparan materi, ia juga memberikan wejangan kepada para peserta. Wejangan ini sekaligus menjadi pemantik semangat menulis di kalangan pelajar, seperti yang diharapkan oleh PC IPNU/IPPNU Pati.

"Dalam menulis berita, hal pertama yang harus ditemukan adalah menemukan data, kemudian menulis, menulis dan menulis. Jadilah penulis yang baik dan penulis yang booming." Tandasnya.(karim/ltn)