Puluhan Peserta Ikuti Diklat Astronomi LF-NU

Puluhan Peserta Ikuti Diklat Astronomi LF-NU

Admin
Senin, 25 November 2019

KAYEN-Sabtu (23/11) Lembaga Falaqiyah (LF) NU Kabupaten Pati mengadakan Diklat. Dalam Kegiatan ini, Sanawi, M.Pd.I., Ketua PC LFNU Pati menegaskan bahwa pihaknya menggandeng LF PWNU Jawa Tengah dan Yayasan Joyokusumo, Pasuruhan, Kayen. Lembaga Falaqiyah merupakan lembaga di bawah naungan NU yang berkecimpung dalam dunia astronomi.

Praktik pengukuran arah kiblat yang dipandu oleh Syaiful Mujab, M.Si., Pengurus Besar LFNU 

Diklat yang digelar dalam waktu sehari tersebut berkaitan dengan penentuan jadwal sholat dan arah kiblat.  Dengan menggunakan aula dan halaman SMA Joyo Kusumo, sebanyak 70 peserta tampak antusias mengikuti pelatihan ini.

"Dalam diklat ini, sebanyak 70 peserta dari lima kabupaten turut hadir. Alhamdulillah acara lamcar dan antusiasme peserta sangat tinggi." Tutur Amir Mahmud, panitia pelaksana.

Benar saja, peserta yang hadir bukan hanya dari Kabupaten Pati saja. Namun beberapa kabupaten tetangga juga mengirimkan peserta, seperti Demak dan Rembang. Beberapa peserta juga berasal dari Bojonegoro dan delegasi UIN Walisongo Semarang.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut berlangsung selama delapan jam. Menurut Mahmud, agenda dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi pembukaan, sesi penyampaian materi pertana dan ke dua.

"Alhamdulillah saat pembukaan hampir semua tamu undangan bisa hadir. Total ada tiga puluhan undangan ditambah peserta dan panitia, jadi ada seratusan lebih peserta dalam pembukaan Diklat LFNU Pati ini." Lanjutnya.

Materi pertama dipantik langsung oleh ketua Pengurus Wilayah LFNU Jateng, Syifaul Anam, M.H. Dalam hal ini, ia menyampaikan tentang hisab dan penentuan waktu sholat. Sementara materi kedua tentang penentuan arah kiblat disampaikan oleh Syaiful Mujab, M.Si., Pengurus Besar LFNU.

Bukan hanya menerima materi, namun para peserta diajak langsung mempraktikkan hasil diskusi di lapangan. Bahkan, para pemateri telah membawa peralatan-peralatan theodolit untuk menunjang kelancaran Diklat.
Para panitia pelaksana yang telah sukses melaksanakan Diklat LFNU Pati.

KH. Ahmad Jauhari, M.H., selaku tuan rumah Yayasan Joyo Kusumo Kayen menyambut baik inisiatif LFNU Pati ini. Menurutnya, ilmu falaqiyah atau astronomi sangat bermanfaat bagi umat islam, terlebih dalam keperluan ibadah seperti sholat dan puasa.

Sementara itu, PCNU Pati yang diwakili oleh KH. Kasmuri menyatakan bahwa LFNU merupakan salah satu lembaga dibawah naungan PCNU Pati yang tergolong giat melaksanakan ptogram kerja. Ia menandaskan bahwa LFNU dibawah naungan Sanawi, M.Pd.I., diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bukan hanya terhadap umat islam, namun juga kepada pihak-pihak yang menjadi konsumen ilmu astronomi.(amir/LF/karim/ltn)