Musyawarah, Kumini Duduki Jabatan Ketua Muslimat NU Semirejo

Musyawarah, Kumini Duduki Jabatan Ketua Muslimat NU Semirejo

Admin
Kamis, 07 November 2019

GEMBONG-Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Gembong mulai melakukan turba untuk membentuk pengurus-pengurus ranting. Upaya ini merupakan motto utama Muslimat NU Gembong yang berkeinginan untuk menjamiyyahkan jamaah. Dengan kata lain, membangun jamaah saja tidak cukup, namun harus dengan jam'iyyah atau organisasi.

Kuniati, S.Pd.I. (gamis ungu) ketua terpilih dalam pemilihan pengurus Muslimat NU Ranting Semirejo, Gembong berpose bersama Maria Ulfa, S.Ag. (tengah, baju hijau) beserta para pengurus baru Ranting Muslimat NU lainnya. 

"Jama'ah tanpa jam'iyyah akan buyar pergerakannya, karena tidak ada kekuatan yang mengorganisir idealisme jama'ah" tegas Maria Ulfa, S.Ag., ketua PAC Muslimat NU Gembong.

Rabu (6/11) giliran Ranting Desa Semirejo yang melakukan pemilihan ketua Muslimat. Pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai representasi dari angan pengurus PAC untuk membangun jam'iyyah Muslimat hingga tingkat desa atau ranting. Pemilihan ini dilaksanakan di rumah ketua Ranting NU Semirejo, Edi Wahyudi, S.Pd.I.

Pemilihan Pengurus Ranting Muslimat yang dihadiri oleh puluhan delegasi dari jama'ah tahlil yang ada di Desa Semirejo tersebut berlangsung singkat. Dengan metode musyawarah yang dipandu oleh Maria Ulfa dan Musrifah, salah satu pengurus PAC Muslimat NU Gembong, musyawirin menyepakati Kumini, S.Pd.I. sebagai pemimpin baru kaum ibu Nahdliyyin yang ada di desa ini.

Sebelumnya, Semirejo pernah memiliki pengurus ranting Muslimat, namun memang telah bertahun-tahun mengalami kevakuman. Hal ini dijelaskan oleh ketua Ranting NU Semirejo. Menurut Edi, pihak Ranting NU telah mendukung sepenuhnya pembentukan pengurus-pengurus Banom NU di wilayah kerjanya. Khususnya, Banom-Banom yang kepengurusannya telah vakum.

"Muslimat Semirejo dulu pernah punya pengurus, tapi sudah sejak lama vakum. Pada dasarnya, kami mendukung pengorganisiran Banom NU yang ada di Desa Semirejo ini, khususnya yang memang belum atau bahkan tidak ada pengurusnya." Tutur ketua ranting termuda yang ada di Kecamatan Gembong ini.

Sebagai bekal organisasi, baik Maria Ulfa Maupun Edi Wahyudi mufakat agar pengurus baru Ranting Muslimat NU Desa Semirejo ini segera melengkapi kepengurusannya dan menyusun program kerja sesuai kebutuhan warga Semirejo.

"Kami harapkan, Ibu Kumini dan kawan-kawan bisa melengkapi pengurus dan membuat program kerja. Bukan hanya sebagai formalitas, namun pemgurus yang ada diharapkan bisa bekerja sama sesuai job desc.nya masing-masing" tandas Ulfa.

Sementara, pihak ranting NU, selain menitipkan hal yang sama dengan PAC Muslimat NU Kecamatan Gembong, juga membubuhkan beberapa kebutuhan warga NU Semirejo. Menurut Edi, pemaparan mengenai hal ini dirasa penting sebagai bahan referensi pembuatan program kerja.(lut/ltn)