Maulidan di MTsN 1 Pati berlangsung Meriah

Maulidan di MTsN 1 Pati berlangsung Meriah

Admin
Sabtu, 09 November 2019

WINONG-MTs Negeri 1 Pati atau yang sering dijuluki MTsN Winong Menggelar acara maulidan Jumat (8/11) Siang yang dihadiri oleh seluruh siswa, wali siswa, guru dan karyawan. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati miladiyah Nabi Muhammad SAW.

Sejatinya, 12 Rabiul Awwal yang merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad jatuh pada hari ini, Sabtu (9/11). Namun seperti kebanyakan sekolah lain, peringatan maulid nabi dilaksanakan kemarin agar hari ini peserta didik bisa menikmati liburan.

Habib Mahdi dan Habib Aqil saat memimpin maulid di MTsN 1 Pati

Ali Musyafak, S.Ag., M.Pd.I., kepala MTsN 1 Pati menegaskan bahwa keteladanan sifat rasulullah perlu diimplementasikan bukan hanya dalam diri peserta didik, namun juga bagi pendidik. Melalui peringatan maulud ini, pihaknya berharap, baik peserta didik maupun pendidik dan karyawan di MTsN 1 Pati dapat berakhlak sebagaimana baginda Nabi, sehingga visi madrasah dapat tercapai.

"Kalau semua elemen madrasah bisa berakhlak layaknya nabi, otomatis kita akan maju. Akhlakul karimah, profesional dan komitmen dalam menjalankan tugas masing-masing." Tegasnya.

Sesuai dengan motto madrasah, MTsN 1 Pati : Berkarakter, Barokah, Manfaat dan Istiqomah, Ali mencoba menggiring seluruh komponen madrasah dimana ia bertugas untuk mencapai itu semua dengan panduan berupa keteladanan Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan maulid, ia tidak mau asal memperingati. Baginya, Maulid merupakan hal penting dalam peradaban ummat manusia.

"Maulid Nabi itu kan tonggak sejarah dari masa kegelapan jahiliyyah menuju pencerahan Islam. Ini momen yang sangat penting khususnya bagi umat Islam" tuturnya.

Dengan alasan tersebut, pihak MTsN 1 Pati mengundang dua orang habib untuk menumbuhkan semangat perjuangan nabi dihadapan para peserta didik dan guru. Mereka adalah Habib Mahdi dan Habib Abu Bakar bin Aqil dari kota Jepara.

Terbukti, dengan kehadiran dua sosok keturunan Nabi Muhammad SAW ini, pelaksanaan maulid di MTsN berlangsung meriah. Para peserta didik antusias mengikuti dendangan sholawat dan pembacaan maulid yang dipimpin langsung oleh dua habib ini.

"Kalau peserta didik sudah semangat, kita tinggal melakukan follow up." Begitu imbuh Ali.

Dalam majelis tersebut, hadir juga beberapa tokoh penting, seperti pejabat pemerintah dan beberapa tokoh agama. Bupati Pati, H. Haryanto, S.H., MM. M.Si, melalui Kabag Kesra Setda Kabupaten Pati H. Heri Supriyono menyampaikan supportnya kepada MTsN 1 Pati. Menurutnya, MTsN ini merupakan salah satu madrasah yang turut ambil peranan penting dalam membangun masyarakat di Kabupaten Pati.(karim/ltn)