Malam Ini, Tiga Habib Satu Panggung

Malam Ini, Tiga Habib Satu Panggung

Admin
Rabu, 06 November 2019

GEMBONG-Maulid Nabi menjadi salah satu ajang bersuka cita bagi sebagian kaum muslimin. Kesemarakan dalam menyambut hari kelahiran junjungan Nabi Agung Muhammad menggema di mana-mana.

Robi'ul Awwal yang merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW juga menjadi momentum emas bagi umat untuk meluapkan kecintaan kepada bagindanya tersebut. Di Kabupaten Pati, hampir seluruh masjid dan mushollah menggelar acara maulidan setiap malamnya. Biasanya, tradisi ini akan berlangsung hingga malam ke 12 Rabiul Awwal. Di beberapa lokasi, bahkan ada yang menyelenggarakan maulidan hingga hari terakhir bulan kelahiran nabi ini.

Flyer Posono Bersholawat 

Di Dukuh Posono, Desa Klakahkasihan, Kecamatan Gembong merupakan dukuh yang kental dengan NU-nya. Bukan hanya di bulan maulid, hampir setiap minggu di dukuh yang berada di bawah kawasan wisatan Jollong 1 ini menyelenggarakan acara senada. Mulai dari hajatan khitanan, hingga acara-acara yang bersifat rutin, hampir dipastikan ada pembacaan maulid di dalamnya. Tak tanggung-tanggung, perayaan maulid di Posono hampir selalu menghadirkan habaib untuk mengisinya.

Gus Mahmud al A'shom Muhammad, putra KH. Mu'in AF (Alm). merupakan salah satu tokoh muda yang menggerakkan semangat cinta rasul ini. Melalui organisasi non formal yang diberi nama Majelis An Nuroniyah, Gus Mahmud mengajak kaum muda untuk menyebar luaskan sholawat di kampungnya.

"Dawuhnya nabi kan ikutilah kejahatan dengan kebaikan. Saya tidak melarang secara frontal kalau ada dangdutan di sini. Tapi setelah dangdutan, harus ada sholawatan. Dan sebisa mungkin, sholawatannya lebih intens dan lebih banyak daripada acara-acara hiburan lainnya" tutur Gus yang juga alumni Unwahas ini.

Untuk bulan maulid tahun ini, Majelis An Nuroniyyah juga tidak ingin ketinggalan membuat gebrakan. Bersama warga Posono, Majelis An Nuroniyyah akan menyelenggarakan acara bertajuk Posono bersholawat.

Sedikitnya, tiga orang habaib dan ulama-ulama Gembong akan berada dalam satu panggung di majelis tersebut. Adapun habaib yang akan mengisi kegiatan ini antara lain, Habib Ali Zainal Abidin Jepara, Habib Husain Basyuroh dan Habib Helmy Basyuroh dari Pati.

Agenda besar ini rencananya akan dilangsungkan malam ini, Rabu (6/11) setelah sholat isya'. Pelaksanaannya akan digelar di komplek MTs, Posono, yang berada di jalur wisata Agro Jollong.

"Kami dari Majelis An Nuroniyyah dan Warga Posono mengundang saudara-saudara kaum muslimin untuk turut menghadiri majelis ini" ujar Abshor, salah satu panitia.(lut/ltn)