Lazisnu Pati Luncurkan Aplikasi Aamil

Lazisnu Pati Luncurkan Aplikasi Aamil

Admin
Minggu, 03 November 2019

PATI-Dalam rangka memberikan dukungan kepada gerakan Filantropi Santri, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (NUCARE LAZISNU) Pati bekerjasama dengan Pesantren Virtual  merilis aplikasi AAMIL. Aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah manajemen Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) dalam sekala kecil dan menengah.

Halaman utama AAMIL

Selain itu,  Aplikasi ini diharapkan dapat membantu lembaga-lembaga pengelola dan pengumpul ZIS. Sebagai contoh,  UPZIS, JPZIS dan UPZ dengan pengelolaan ZIS secara modern, akuntable dan transparan berbasis teknologi informasi.

 AAMIL memberikan fasilitas Database Donatur, Buku Zakat, Buku Infaq, Buku Wakaf dan Buku Amil.  Fokus utama aplikasi ini adalah kemudahan pengoperasian, kecepatan pendataan.

Dengan segala kemudahan yang disediakan, memungkinan pemberian pelayanan yang cepat. Satu contoh apabila ada donatur yang membayar zakat atau infaq, data donasi langsung tersimpan dalam database yang mudah dikelola untuk penyusuna palaporan sesuai PASK 109 yang merupakan standar akuntansi zakat, infaq dan sedekah.

Donatur seusai menyetor donasinya, langsung dapat dikirim tanda terima elektronik dalam format jpeg. Aplikasi ini juga dengan cepat dapat menampilkan rekapitulasi hasil pengelolaan zakat yang dapat disimpan dalam formal Excel.

Program AAMIL  didistribusikan secara gratis menggunakan lisensi  Wakaf Ilmiyah sehingga daat diperoleh oleh para relawab ZIS secara gratis. Untuk mencoba aplikasi bisa akses ke situs demo http://amil.pesantrenvirtual.com. Selanjutnya  warga yang berminat dapat mengirimkan email permohonan kepada nucarepati@gmail.com dengan mencantumkan sekilas nama dan alamat lembaganya.

"Semoga program tersebut bermanfaat bagi lembaga pengelolaan donasi atau filantrop santri" pungkas Muhammad Niam, ketua PC Lazisnu Pati.(lznu/arwani/ltn)