Diklatama CBP dan KPP, Kaderisasi Perdana IPNU-IPPNU Periode Ini

Diklatama CBP dan KPP, Kaderisasi Perdana IPNU-IPPNU Periode Ini

Admin
Senin, 25 November 2019

PATI-Dewan Koordinasi Cabang Corp Brigade Pembangunan (DKC-CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) IPNU-IPPNU Pati menyelenggarakan kegiatan Diklatama (Pendidikan dan Latihan pertama). Pelatihan ini  berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yakni pada tanggal 22 hingga 24 November 2019

Foto bersama para peserta Diklatama dengan Dr. Jamal Makmur, salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut.

Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka rekrutmen. Lebih tepatnya, untuk melakukan kaderisasi dan melebarkan sayap kaderisasi DKC CBP dan KPP Kabupaten Pati. Diklatama kali ini menjadi sangat istimewa sebab ini merupakan kegiatan  kaderisasi pertama di masa hidmat PC IPNU IPPNU kabupaten Pati 2019-2021.

Kegiatan tersebut dihadiri beberapa tokoh penting, baik dari unsur NU seperti Muslimat NU, Ansor, Pagar Nusa dan PCNU.  Pihak eksternal NU juga turut memberikan dukungan. Beberapa perwakilan dari Kesbangpol, Kodim, Polres, Dinas Kesehatan dan instansi lain juga tampak mengisi kursi terdepan dalam pembukaan Diklatama, Jumat (22/11) lalu. Kehadiran beberapa tokoh penting tersebut selain bertujuan sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan diklatama ini, juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para peserta Diklatama.

Acara Diklatama ini diikuti oleh delegasi dari masing masing PAC IPNU-IPPNU se Kabupaten Pati. Sebanyak 27 pelajar menjadi peserta dalam agenda ini.

Pada sambutannya, Pengurus Cabang NU Pati berpesan kepada para peserta untuk bersungguh-sungguh selama proses Diklatama. Selain itu, K. Yusuf Hasyim, S.Ag., M.Si., ketua PC NU Pati yang menyambut langsung juga mengungkapkan supportnya dalam kelangsungan agenda ini.

"Kami memberikan dukungan penuh kepada para pelajar yang memiliki semangat dan kemauan tinggi dalam mengembangkan potensi diri mereka melalui IPNU IPPNU, dan CBP KPP pada khususnya." Tandas kiai berkacamata ini.

Pihak Pimpinan Cabang IPNU IPPNU Kabupaten Pati juga memiliki harapan besar supaya alumni Diklatama ini. Mengingat cita-cita, idealisme serta tujuan dari DKC CBP KPP Kabupaten Pati juga sangat besar. Di sisi lain, maksimalnya peran CBP dan KPP di Kabupaten Pati, juga turut memaksimalkan kinerja IPNU dan IPPNU.

"CBP dan KPP adalah salah satu garda IPNU dan IPPNU. Jadi semakin besar peran keduanya sangat berpengaruh terhadap organisasi yang kami pimpin (IPNU dan IPPNU-red)." Ungkap Salman, Ketua PC IPNU Pati.
Para peserta Diklatama CBP dan KPP Kabupaten Pati mengikuti kegiatan outdoor.

CBP dan KPP

CBP dan KPP merupakan lembaga semi otonom dibawah payung IPNU dan IPPNU. Fungsinya adalah sebagai garda terdepan bagi sepasang lembaga tersebut. Selain itu, CBP dan KPP juga berperan sebagai semacam Kader Penggerak IPNU dan IPPNU. Hal ini disampaikan oleh Matsna Zakiatus Salwa, Komanda CBP Kabupaten Pati.

Matsna menambahkan bahwa tugas CBP dan KPP juga lumayan kompleks. Bukan hanya pada tugas pokok kaderisasi namun juga mengawal kegiatan-kegiatan organisasi IPNU dan IPPNU.

"Tugas kami adalah mengawal kegiatan IPNU dan IPPNU. Baik dalam kegiatan Organisasi maupun kaderisasi." Tuturnya.

Selain dua tugas utama tadi, CBP dan KPP juga memiliki peran dalam memfasilitasi para pelajar di bidang kegiatan lapangan. Tujuannya tentu dalam rangka melebarkan sayap kaderisasi IPNU dan IPPNU.(salwa/ipnu/lut/ltn)