Trio Muslimat, Ansor dan Fatayat Batangan Dilantik

Trio Muslimat, Ansor dan Fatayat Batangan Dilantik

Admin
Sabtu, 26 Oktober 2019

BATANGAN-Puluhan pengurus Muslimat, Ansor dan Fatayat Anank Cabang Batangan resmi dilantik Jumat (25/10) siang di YPI Khoiriyah, Dukuh Dagel, Desa Kedalon, Batangan. Acara pelantikan ini sengaja dilakukan bersama-sama demi efektifitas.

Pelantikan PAC Muslimat NU, Fatayat dan Ansor Batangan serta pembukaan PKD PAC Ansor Batangan di YPI Khoiriyah, Sabtu (26/10)

Beberapa tokoh penting juga hadir dalam acara ini. Pengurus MWC NU, Muspika, Pengurus Cabang Ansor, Fatayat hingga Muslimat pun tampak memadati deretan kursi paling depan.

Hj. Istiqomah, S.Pd.I., ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Batangan Menandaskan bahwa peranan wanita dalam kehidupan sehari-hari sangatlah sentral. Kepada pcnupati.or.id, ia mengatakan jika wanita memiliki fungsi sebagai penyeimbang.

"Dari peran wanita tersebut, sangat penting bagi kaum hawa untuk turut berorganisasi, agar pemikiran dan gerakan mereka terwadahi" tuturnya.

Ungkapan ini menjadi cambuk untuk kaum wanita agar tidak hanya terjebak dalam kungkuman dunia domestik. Namun wanita juga perlu menyuarakan aspirasinya agar tidak menjadi korban regulasi.

"Yang terpenting kewajiban domestik (rumah tangga) kita terpenuhi, di luar itu, kita juga perlu berjuang" lanjut Hj. Istiqomah.

Jelang ujung acara, Hj. Asmuah yang mewakili Pengurus Cabang Muslimat memberikan komentar dan arahannya kepada para Pengurus Anak Cabang Batangan yang baru saja dilantik. Dihadapan ratusan tamu undangan ia berkomentar tentang pentingnya berorganisasi.

"Berjamaah penting, tapi berjam'iyyah (berorganisasi) jauh lebih penting" tutupnya.

Acara yang berlangsung hingga sore tersebut ditutup dengan doa oleh tokoh setempat. Para pengurus Muslimat dan Fatayat meninggalkan lokasi dengan beragam rencana program kerja. Sementara para pengurus Ansor melanjutkan kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD) yang dimentori oleh Pengurus Pusat GP. Ansor. Rencananya, PKD ini akan berakhir pada Minggu (27/10).