Puncak Acara Haul Mbah Ronggo Kusumo Jatuh Kamis (10/10)

Puncak Acara Haul Mbah Ronggo Kusumo Jatuh Kamis (10/10)

Admin
Rabu, 09 Oktober 2019

MARGOYOSO-Malam ini, Rabu (9/10) sedang berlangsung pengajian umum dan selawat bersama dalam rangka Haul Syekh Ronggo Kusumo. Haul yang sejatinya dilaksanakan setiap tanggal 10 Shafar dalam kalender hijriyah ini memperoleh antusiasme masyarakat luas. Memang tidak se ramai haul Syeh Ahmad Mutamakkin, namun tetap saja, ribuan warga tidak mau ketinggalan untuk turut hadir dalam agenda yang berlangsung sajak tangga 7 Oktober lalu.

Suasana rangkaian perayaan Haul Syeh Ronggo Kusumo, Ngemplak Kidul, Margoyoso. Foto diambil Rabu (9/10) siang.

Rangkaian acara Haul Syeh Ronggo Kusumo, akan berakhir pada Jumat (11/10) malam. Rencananya, agenda rutinan itu akan ditutup dengan manaqib bersama.

"Upacara lelang selambu akan dilaksanakan Kamis (10/10) esok dimulai jam 07.30 WIB. Setelah itu dilanjut acara karnaval" ungkap Imam, salah satu panitia.

Untuk malam ini, gema selawat berpadu dengan tausyiyah keagamaan mewarnai kegiatan tersebut. Berlangsung di Masjid Jami' Ngemplak kidul, rencananya Selawat akan dipimpin langsung oleh Habib Ali Zainal Abidin dari Jepara dan diiringi Hadroh Khoirul Amilin.

Sementara, mauidloh hasanah akan diisi oleh KH. Huda Sulaiman.  Saampai berita ini turun, kegiatan tersebut masih berlangsung.

Syekh Ronggo Kusumo sendiri merupakan keturunan ningrat yang berasal dari Tuban. Menurut beberapa literasi, ia merupakan keturunan Adipati Tuban, Ki Ageng Mruwut yang menjabat pada era 1600-an. Syeh Ronggo melakukan syiar di Desa Ngemplak dan sekaligus menjadi salah satu cikal bakal desa tersebut. Salah satu kekhasan ulama kharismatik ini adalah kecintaannya pada fakir miskin.(lut/ltn)