PN Dukuhseti Sumbang Air Bersih

PN Dukuhseti Sumbang Air Bersih

Admin
Jumat, 25 Oktober 2019

DUKUHSETI-Luar biasa. Kata itu yang pertama meluncur dari mulut Andif Prasetyo, salah satu Pengurus Cabang Pagar Nusa (PN) Pati melihat kekompakan PAC Pagar Nusa Dukuhseti. Hari ini, Jumat (25/10) pagi anak-anak PN Dukuhseti melakukan Bhakti Sosial (Bhaksos) donasi air bersih.

Ketua PAC PN Dukuhseti, Muhammad Faqih menegaskan bahwa bantuan air bersih tersebut merupakan inisiatif dari para anggota Pagar Nusa yang kebanyakan masih duduk di bangku sekolah. Lanjut Faqih, setiap anak dan pelatih iuran sukarela untuk merealisasikan kegiatan ini.


Proses donasi air bersih dari PAC Pagar Nusa Dukuhseti di Desa Grogolan Dukuhseti

"Anak-anak iuran sukarela. Tapi paling sedikit mereka menyumbang sepuluh ribu rupiah" tuturnya.

Hasilnya, sebanyak enam ribu liter air bersih berhasil didonasikan ke dua desa di Kecamatan Dukuhseti. Keduanya adalah Desa Grogolan dan Ngagel.

"Kami memang belum bisa memberikan sebanyak yang dilakukan LPBI NU atau Lazisnu, tapi yang terpenting adalah kepedulian anak-anak sudah mulai terbangun. Ini yang membuat kami merasa bangga" lanjutnya.

Faqih juga memaparkan alasannya memilih dua desa tersebut. Pada beberapa puluh tahun terakhir, Desa Ngagel dan Grogolan serta desa-desa lain di Dukuhseti belum pernah mengalami bencana kekeringan semacam ini. Sehingga, masyarakat mengalami kebingungan untuk menanggulangi kekeringan yang notabenenya tergolong masalah baru bagi mereka.

"Sebelumnya belum pernah kekeringan di sini. Baru kali ini. Jadi saya sangat sangat berterimakasih kepada adek-adek Pagar Nusa yang sudah memberikan bantuan air bersih di kampung kami." Ungkap Sukini, warga Grogolan.

Seperti dikemukakan sebelumnya, Pengurus Cabang Pagar Nusa Kabupaten Pati menyambut baik hal ini. Selain Andif, Ketua PN Pati, Edi Suyono juga mengapresiasi gerakan donasi air bersih ini. Edi berharap agar semua PAC yang ada di Kabupaten Pati melakukan hal yang sama untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama masa kekeringan ini.(karim/ltn)