Perayaan HSN Tayu Diwarnai Donor Darah Gratis

Perayaan HSN Tayu Diwarnai Donor Darah Gratis

Admin
Selasa, 22 Oktober 2019

TAYU-Hari Santri Nasional (HSN) 2019 berlangsung meriah. Di Kabupaten Pati sendiri, tidak ada satupun kecamatan yang tidak merayakan dan memperingati peristiwa bersejarah ini.

Kecamatan Tayu Misalnya, selain pentas seni dan kirab, upacara HSN juga dihelat oleh panitia. Kegiatan peringatan HSN Tayu sendiri diprakarsai oleh panitia bentukan MWC NU Tayu.

Proses donor darah gratis dalam rangka peringatan HSN yang digelar oleh MWC NU Tayu.

Berpusat di alun-alun Tayu, Pentas seni diikuti oleh peserta didik dari berbagai madrasah pada Senin (21/10) malam. Hal ini sekaligus dimaksudkan untuk membangun spirit santri dalam dunia seni.

"Semua kegiatan kami pusatkan di alun-alun Tayu" ungkap Ulum Sholeh, panitia pelaksana.

Menurut panitia, pentas seni sengaja dilaksanakan malam hari mengingat banyak peserta yang berasal dari pelajar MI, RA bahkan Paud. Semua ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan peserta.

Sementara, Upacara HSN yang dibina langsung oleh K.H. Nadhif Mujib juga dilaksanakan di alun-alun Tayu, Selasa (22/10). Sedikitnya tiga ribu peserta upacara berkumpul di jantung kota Tayu tersebut. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ulama, pengurus NU, pemerintah, Banom dan lembaga NU, pelajar hingga masyarakat umum.

Setelah upacara berlangsung, kegiatan berlanjut ke pendopo Kawedanan Tayu. Panitia telah menyiapkan program donor darah gratis untuk warga Tayu. Dalam menyelenggarakan agenda ini, Ulum mengaku menggandeng PMI Pati.

"Kami bekerjasama dengan PMI Kota untuk melakukan program donor darah. Alhamdulillah semua acara berjalan lancar tanpa hambatan berarti" tutup Ulum.(karim/ltn)