Para Pelajar Pendekar Menyerbu Abadiyah sejak Malam Tadi

Para Pelajar Pendekar Menyerbu Abadiyah sejak Malam Tadi

Admin
Sabtu, 05 Oktober 2019

GABUS-Kejuaraan pencak silat Pandawa Championship 2019 resmi dibuka Jumat (4/10) malam tadi. Kompetisi ini merupakan gelaran yang diadakan oleh Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa (PN) Kabupaten Pati. Kejuaraan ini akan mempertemukan para pelajar dari tingkat MI/SD hingga SLTA.

Para peserta ajang Pandawa Championship 2019 memekikkan mars Syubbanul Wathon dalam acara pembukaan perhelatan teraebut di MA Abadiyah Gabus, Jumat (4/10) malam tadi.

Ratusan peserta pendekar dari berbagai latar belakang madrasah dan sekolah dari penjuru Pati pun tumplek blek di halaman Madrasah Aliyah Abadiyah Gabus dalam pembukaan kejuaraan tersebut. Tak dapat dipungkiri, Pandawa Championship memang merupakan salah satu kejuaraan paling prestisius di lingkungan atlet pencak silat pelajar. Pasalnya, kompetisi ini hanya menghelat pencak silat kategori sambung atau tanding.

Bagi para pemenang, tentunya akan mendapatkan peluang lebih besar dalam kejuaraan-kejuaraan lain, termasuk di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Maka tak heran jika banyak madrasah dan sekolah yang tidak mau ketinggalan dengan event ini.

Meski demikian, Edi Suyono, ketua Cabang Pencak Silat PN Pati berpesan kepada para pedekar untuk menjaga persatuan dan sportifitas. Ia mewanti-wanti agar semua pe dekar yang rata-rata masih berusia remaja tersebut tetap mempertahankan nilai-nilai patriotisme sebelum, selama dan setelah pertandingan. Hal ini disampaikannya dalam sambutan pembukaan Pandawa Chmapionship 2019 malam tadi.

"Kami titip kepada semua peserta agar menjaga nilai-nilai luhur dalam pencak silat. Disini kita bukan mencari lawan, namun mencari kawan" tandasnya tegas.
Edi Suyono, Ketua Cabang Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa membuka dan meresmikan ajang Pandawa Championship 2019 

Semua peserta yang hadir dalam pembukaan kemudian dikarantina di gedung Abadiyah. Rencananya, Turnamen ini akan dilangsungkan mulai hari ini hingga Minggu (6/10) besok. Karantina ini dimaksudkan untuk mendidik para peserta agar disiplin. Selain itu, karantina juga bermanfaat untuk menjaga stamina peserta yang akan bertanding.

"Pesertanya ini kan dari berbagai daerah di Kabupaten Pati. Ada yang jauh dan ada yang dekat. Jadi kami mengimbau semua peserta untuk dikarantina agar energi tidak terkuras untuk perjalanan" tutur Andif, salah satu panitia pelaksana.

Ia juga mempersilakan warga masyarakat secara umum untuk menyaksikan kejuaraan tersebut. Baginya, selain merupakan wahana mempererat tali perdaudaraan antar pendekar PN, Pandawa Championship 2019 adalah ajang yang menarik untuk ditonton.(lut/ltn)