Muslimat NU Pati Gelontorkan Rp 3M untuk Santuni Yatim

Muslimat NU Pati Gelontorkan Rp 3M untuk Santuni Yatim

Admin
Sabtu, 05 Oktober 2019

PATI-Gedung Haji Pati mendadak menjadi lautan putih, Sabtu (5/10) pagi tadi. Sedikitnya, 6000 anggota Muslimat NU se-Kabupaten menghadiri acara istighotsah dan selawat bersama.

Santunan yatim piatu secara simbolis oleh Pengurus Cabang Muslimat NU Pati

Ibu-ibu Muslimat tersebut, atas intruksi pengurus cabang datang dengan mengenakan dresscode serba putih. Jamaah terbanyak datang dari PAC Pucakwangi sebanyak 750 orang, diikuti PAC Winong, 550 orang dan 545 Muslimat datang dari PAC Tlogowungu.

Acara tersebut dihelat oleh Pengurus Cabang Muslimat NU Pati. Hj. Maria Ulfah Mundzir, ketua Muslimat Pati, menegaskan bahwa kegiatan yang berlangsung meriah pagi tadi adalah untuk menyambut jama'ah haji Muslimat serta memperingati tahun baru hijriyah 1441 H. Sementara itu, Hj. Rif'atun Najib yang menjabat sebagai panitia, menuturkan kepada pcnupati.or.id. bahwa agenda Muslimat tersebut menghabiskan biaya miliaran rupiyah.

"Untuk santunan yatim sendiri kita anggarkan 3 miliar, belum lagi santunan dhuafa dan dan keperluan-keperluan lain. Dana tersebut beraumber dari para donatur dan sponsor" tuturnya.

Benar saja, tercatat lebih dari 3500 yatama menerima santunan dari panitia. Hanya saja, panitia mengambil perwakilan dua orang dari masing-masing kecamatan untuk menerima santunan secara simbolis.

Hj. Maesaroh yang mewakili Hj. Rif'atun Najib dalam laporan panitia memaparkan katidakmungkinan panitia untuk menampung semua yatama yang terdaftar. Keadaan tersebut sangat beralasan meningat waktu dan kapasitas gedung yang tidak mendukung.
Habib Ali Zainal Abidin Jepara saat memasuki ruangan utama Gedung Haji Pati

Agenda ini dimulai dengan khotmil qur'an bin nadlor sejak pukul 06.00 WIB. Setelah pukul 08.00 barulah acara dibuka. Puncaknya, selawat kebangsaan yang dipimpin langsung oleh Habib Ali Zainal Abidin dari Jepara hingga Sabtu (5/10) siang.

Banyaknya hadirin yang larut dalam selawat menandakan tingginya antusiasme ibu-ibu Muslimat NU dalam mengikuti rangkaian acara. Bukan hanya itu, Bupati, Ketua PCNU Pati hingga pimpinan lembaga NU dan Banom juga tampak khusyuk berselawat bersama habib Ali.(lut/ltn)