Siswa MA Miftahul Ulum Semarakkan Haul Nyai Ageng Ngerang

Siswa MA Miftahul Ulum Semarakkan Haul Nyai Ageng Ngerang

Admin
Senin, 02 September 2019


TAMBAKROMO-Dalam rangka Haul Nyai Ageng Ngerang, panitia menyelenggarakan segudang acara. Salah satunya adalah Karnaval Kirab Budaya yang dihelat Sabtu (31/8) siang. Untuk mensukseskan agenda ini, panitia menggandeng MA Miftahul Ulum, Tambakromo.

Para peserta Kirab Budaya Haul Nyai Ageng Ngerang yang terdiri dari para peserta didik MA Miftahul Ulum Tambakromo
Peran serta peserta didik MA Miftahul Ulum (MA-MU) dalam karnaval Haul Nyai Ageng Ngerang membawa nuansa semarak. Tak ayal, ribuan warga turun ke jalan untuk menyaksikan arak-arakan tersebut. 

Berbagai macam kostum digunakan. mulai pakaian Adat Jawa sampai kosplay punokawan. Semuanya dipakai oleh para siswa MA-MU demi semaraknya Haul Nyai Ageng Ngerang yang terpusat di Dusun Ngerang, Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, Pati.

Panitia menegaskan, dilibatkannya peserta didik MA-MU ini adalah untuk mempertahankan adat-budaya masyarakat Ngerang. Sebab, menurut Edi Suyono, salah satu panitia menyebut, bahwa kebudayaan yang baik harus dijaga eksistensinya. Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan generasi muda kepada adat-istiadat setempat. 

“Anak muda harus mencintai adat istiadatnya jika kita tidak ingin kehilangan sejarah. Cara menggiring cinta mereka adalah dengan memperkenalkannya pada budaya yang ada, segingga budaya bisa lestari” tutur Edi.(lut/ltn)