PCNU Agendakan Ranting NU Award Tahun Depan

PCNU Agendakan Ranting NU Award Tahun Depan

Admin
Minggu, 15 September 2019

MARGOREJO-Agenda Turba (Turun Ke Bawah) yang digadang-gadang oleh PCNU Pati sebagai pengikat hubungan antara Cabang dengan MWC dan Ranting sudah berhasil separuh jalan. Dari tiga lokasi yang direncanakan, dua diantaranya telah selesai dan membuahkan hasil yang cukup baik.

Ponpes Al Akrom yang terletak di Desa Banyuurip, Kecamatan Margorejo, Pati menjadi pelabuhan ke dua agenda Turba yang jatuh pada Minggu (15/9) pagi tadi. Para peserta Turba terdiri dari elemen MWC, Banom dan bahkan beberapa unsur ranting yang ada di eks Kawedanan Pati.

KH. Aniq Muhammadun selaku Ro'is Syuriyah hadir bersama ketua PCNU Pati, K. Yusuf Hasyim, M.Si.. Beberapa pimpinan lembaga dan banom juga nampak mendampingi dua petinggi NU ini.

Suasana pertemua antara PCNU dan MWCNU se eks Kawedanan Pati di Ponpes Al Akrom, Banyuurip, Margorejo, Pati. 

Dalam pertemuan di pondok pesantren asuhan KH. Mukromin, M.Ag. tersebut menyimpulkan bermacam kesepakatan penting. Diantaranya, mengenai pemberdayaan masjid, pertanian kopi, papanisasi masjid NU, rencana pendirian klinik NU hingga penghijauan kawasan Gunung Kendeng.

Gagasan untuk Ranting NU

Dari sekian banyak kesepakatan, ada beberapa poin yang sangat vital. Salah satunya adalah rencana PCNU untuk membangun Ranting NU di seluruh desa di Kabupaten Pati.

Pengurus Ranting dirasa sangat penting bagi NU Pati karena, merekalah yang paling banyak bersentuhan dengan warga nahdliyyin. Sementara, fakta yang ada memang kurang menyenangkan. Tercatat, dari 410 Ranting NU, baru 67 Ranting yang aktif, sisanya di-handle langsung oleh pengurus MWC di masing-masing kecamatan.

"Tugas pembentukan Ranting merupakan tugas penting. Oleh sebab itu, kami mohon kepada para pengurus MWCNU untuk membuat pengurus ranting" ungkap K. Yusuf.

PCNU menargetkan di penghujung 2019 nanti, semua Desa akan memiliki pengurus Ranting NU. Selain itu, melalui K. Yusuf, Pengurus Cabang NU Pati juga berencana akan mengadakan pelantikan Ranting secara bersama-sama di akhir tahun ini.

Untuk menambah dorongan dan semangat, PCNU juga akan mengagendakan Ranting NU award di tahun 2020 mendatang. Program ini semacam penganugerahan kepada para pengurus ranting yang sukses menjalankan tugasnya sesuai dengan bidang dan wilayah masing-masing. Kedepannya, ranting-ranting yang berprestasi akan diberikan penghargaan khusus dari PCNU Pati.(karim/ltn)