LTMNU Touring ke MWC Adakan Pelatihan Manajemen dan Fiqih Masjid

LTMNU Touring ke MWC Adakan Pelatihan Manajemen dan Fiqih Masjid

Admin
Selasa, 10 September 2019

KAYEN, LTMNU. Selasa, 10 September 2019 pengurus LTMNU MWC Kayen menyelenggarakan Pelatihan Manajemen dan Fiqh Masjid se-Kecamatan Kayen bertempat di Masjid Baiturrakhim Desa Pasuruhan Kec. Kayen Kab. Pati. Pelatihan ini merupakan  yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh LTMNU setelah sebelumnya juga diselenggarakan di MWCNU Kec. Gabus dan MWCNU Kec. Wedarijaksa. Pelatihan Manajemen dan Fiqih Masjid ini diikuti oleh Takmir Masjid dan Mushola utusan ranting NU se-Kecamatan Kayen. 

Ketua LTM NU Kab. Pati, Ust. Muhammad Husaini, S.Pd.I, kepada website PCNU Pati mengungkapkan bahwa pelatihan manajemen dan fiqih masjid ini merupakan tindak lanjut dari program kerja Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Pati. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan takmir-takmir  masjid dan mushola dalam melaksanakan pegelolaan masjid, dan yang terpenting lagi adalah menjaga agar masjid-masjid yang didirikan oleh warga NU dapat berfungsi maksimal sebagai pusat aktivitas ibadah dan amaliyah Ahlussunnah Wal Jama'ah. Rencananya Pelatihan seperti ini akan dilaksanakan di semua MWCNU Se-Kab. Pati sesuai amanat Muskercab I PCNU Kab. Pati, ungkapnya seusai acara. 

Hadir dalam acara tersebut Rais Syuriyah PCNU Kab. Pati KH. M. Aniq Muhammadun yang sekaligus membuka dan memberikan pembinaan kepada para peserta.  Kyai Aniq berpesan bahwa manajemen masjid sangat penting bagi kita semua, di dalam AlQur’an sekalipun tidak secara langsung memerintahkan kita mengenai manajemen masjid, namun ada satu ayat yang memiliki kesamaan mengenai perintah untuk memenej suatu perkara yang penting yaitu ayat {يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ } [البقرة: 282] perintah untuk menulis dalam ayat tersebut merupakan bagian dari manajemen. Karena termasuk aktivitas manajemen adalah aktivitas mendokumentasikan. Beliau juga mengingatkan kepada pengurus NU agar kita perlu hati-hati dengan segala gerakan sekelompok yang ingin mereka ajarkan  melalui masjid-masjid kita. Kita musti sadari betul bahwa masjid-masjid yang ada di Negara kita ini mayoritas dibangun oleh para Nahdliyyin. Oleh sebab itu, jangan sampai saudara-saudara kita yang telah berjuang membangun masjid namun pada akhirnya direbut oleh kelompok selain Nahdliyyin.

Adapun narasumber pelat8han ini adalah KH. Abdullah Bahij (Wakil Rais Syuriyah PCNU) yang memberikan materi tentang Fiqih Masjid dan DR. H.Jamal Ma'mur, MA (Wakil Ketua PCNU) yang menyampaikan materi tentang Manajemen Mssjid. Setelah selesai pemaparan materi dari narasumber, acara dilanjutkan dengan tanya jawab seputar manajemen dan fiqih masjid yang dipandu oleh  Ust. Imam Syaikhu, S.Pd.I. (Admin/LTNNU)