Dapat Air Bersih dari PCNU, Warga : Kami Sangat Terbantu

Dapat Air Bersih dari PCNU, Warga : Kami Sangat Terbantu

Admin
Jumat, 20 September 2019

WINONG-Delapan truk tangki berisi air bersih kembali diterjunkan oleh PCNU Pati. Kali ini, ada tiga kecamatan yang menjadi target pendistribusian air bersih, Jumat (20/9).

Desa Sidomukti, Kecamatan Jaken, Desa Sarimulyo dan Kropak, Kecamatan Winong serta Desa Sembatur Agung Kecamatan Jakenan menjadi sasaran pendistribusian air beraih siang tadi. Keempat desa di tiga kecamatan tersebut memperoleh bantuan air bersih dari PCNU dengan jumlah kumulatif 56.000 liter.


Pendistribusian air bersih oleh PCNU Pati di 3 Kecamatan, Jaken, Winong dan Jakenan, Jumat (20/9)

"Hari ini ada delapan truk tangki yang memiliki kapasitas lebih besar dari sebelumnya, yaitu 7.000 liter per truknya" tutur Edi Fitrianto, salah satu pengurus LPBINU Pati yang nertugas di lapangan.

Selama seminggu terakhir ini, PCNU telah mendistribusikan air beraih sebanyak tiga kali. Adapun jumlah air yang didistribusikan pun bervariasi.

Dalam penyaluran air bersih siang tadi, NU mengajak beberapa Badan Otonomnya, seperti Fatayat dan Muslimat untuk terjun langsung ke lokasi. Selain itu, NU juga juga menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Pati dalam kegiatan tersebut.

Masyarakat pun merespon positif dengan langkah PCNU ini. Salah satunya adalah Yulikah, warga Dukuh Gendoan, Sarimulyo, Winong. Menurut Yulikah, desanya sudah mengalami kekeringan sejak beberapa bulan terakhir. Hal ini membuat masyarakat sangat kesulitan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Warga sini sangat terbantu dengan pemberian air beraih dari PCNU Pati. Dan kami sangat berterimakasih atas segala kebaikan yang telah diberikan PCNU kepada warga Gendoan" tuturnya.

PCNU melalui LPBINU akan terus memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat di Kabupaten Pati yang mengalami kekeringan seperti Dukuh Gendoan tersebut. Edi Fitrianto juga mengutarakan ajakan kepada masyarakat luas untuk turut ambil bagian dalam program sosial ini.

"Mari bersama-sama bergerak, sebab mereka semua saudara kita."pungkas Edi.

Selain mengajak masyarakat untuk turut membantu, Edi juga mempersilakan warga yang daerahnya mengalami kekeringan untuk memberikan informasi kepada PCNU atau LPBI NU. Daerah-daerah yang terdaftar, nantinya akan diusahakan mendapatkan bantuan air bersih sesuai sakala prioritas yang ditentukan oleh LPBINU.(lut/ltn)