Iklan
Berita

Ansor Pati Khataman Quran di Makam Ki Ageng Penjawi

PATI – Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Pati menggelar acara 100 Khataman Al Quran di Makam Ki Ageng Penjawi, pagi ini, Kamis (19/9/2019). Acara ini merupakan pembuka dari rangkaian acara Selametan Bumi Pesantenan yang akan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut.

Ansor Pati Khataman Quran Ki Penjawi
Anggota Ansor Pati sedang melakukan khataman Al Quran bil ghoib di makan Ki Ageng Penjawi, Kamis (19/9/2019) pagi. Foto: Masykur Ansor

Sebagaimana disampaikan Ketua Panitia, Saiful Ulum, kepada NU Pati, Khataman Al Quran yang dilaksanakan di Makan Ki Ageng Penjawi ini merupakan prosesi pembuka dari 100 Khataman Al Quran yang dilaksanakan di seluruh PAC dan Ranting GP Ansor se-Kabupaten Pati.

Masih menurut Saiful, khataman yang dilakukan di Makam Ki Ageng Penjawi ini dilaksanakan secara bil ghoib. Sedangkan khataman di setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan ranting Ansor dilaksanakan oleh kader-kader Ansor secara bin nadzor.

Iklan

“Secarai bil ghoib di Makam Ki Ageng Penjawi dan bin nadzor di setiap PAC Ansor dan ranting-ranting se-kabupaten Pati,” ungkapnya.

Berdasarkan sejarah, Ki Ageng Penjawi merupakan tokoh Pati. Yang karena jasanya, kemudian oleh Jaka Tingkir, dianugerahi kekuasaan tanah di Pati. Putra dari Ki Ageng Ngerang III dengan  Raden Ayu Panengah (putri Sunan Kalijaga) ini menjadi Adipati di Kadipaten Pesantenan Pati. Selain itu beliau bersama Ki Gede Pamanahan dan Ki Juru Martani merupakan tokoh kunci dalam merintis berdirinya Kesultanan Mataram Islam.

Menurut Saiful Ulum, karena peran kunci Ki Ageng Penjawi dalam berdirinya Kesultanan Mataram dan Kadipaten Pati tersebutlah yang kemudian menjadi pertimbangan dilaksanakannya khataman Al Quran di tempat tersebut.

“Sejarah inilah yang selama ini jarang diketahui masyarakat Pati,” terangnya. “Sehingga menjadi kewajiban kita bersama untuk nguri-uri, agar anak cucu kita nanti tidak lupa kan sejarah dan kebudayaan Pati.”

Selain khataman Al Quran, rangkaian kegiatan Selametan Bumi Pesantenan akan diisi juga dengan Apel Pembaretan 5000 Banser dan Istighosah Kubro. Keduanya akan digelar di Stadion Joyokusuma pada Jumat (21/9/2019) pukul 17.00 dan 19.00 WIB. Baca: Ansor Pati Akan Gelar Selametan Bumi Pesantenan

Khusus acara Istighosah Kubro akan dipimpin oleh KH. Agus Ali Masyhuri. Beliau adalah Pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo sekaligus Wakil Rois PWNU Jawa Timur.

Dalam acara istighosah yang akan diiringi juga dengan Hadroh dari MDS Rijalul Ansor Pati ini hadirin akan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah Umroh. PC GP Ansor Pati telah menyediakan 6 paket umroh sebagai doorprize. Satu paket berupa umroh gratis dan sisanya, 5 paket, berupa DP umroh yang masing-masing senilai 3,5 juta rupiah.

Ketua PC GP Ansor Pati, Itqon Hakim, kepada NU Pati mengungkapkan kegiatan Selametan Bumi Pesantenan, termasuk Khataman Al Quran, akan diagendakan rutin pada bulan Muharrom setiap tahunnya.

“Selametan Bumi Pesantenan kami gelar untuk mendoakan Pati agar menjadi kabupaten yang selalu diberkahi Allah, rakyatnya gemah ripah, pemimpinnya juga selalu mendapat rahmah,” terang Itqon Hakim. (mun/ltn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Back to top button