Ansor Pati Akan Gelar Selametan Bumi Pesantenan

Ansor Pati Akan Gelar Selametan Bumi Pesantenan

Admin
Rabu, 18 September 2019

PATI - Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pati akan menggelar kegiatan bertajuk Selametan Bumi Pesantenan. Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 hari, pada 19-20 September 2019 ini terdiri atas tiga kegiatan yaitu 100 Khataman Al Quran, Apel Pembaretan 5.000 Banser, dan Istighosah Kubro.

Selametan Bumi Pesantenan
Pamflet acara Selametan Bumi Pesantenan yang akan digelar oleh PC GP Ansor Pati, mulai Kamis (19/9) esok.

Ketua PC GP Ansor Pati, Itqon Hakim, kepada NU Pati mengungkapkan bahwa Selametan Bumi Pesantenan digelar terutama dalam rangka peringatan Tahun Baru 1441 Hijriyah. Juga untuk mendoakan Pati agar menjadi kabupaten yang selalu diberkahi Allah sehingga rakyatnya gemah ripah dan pemimpinnya senantiasa dirahmati Allah.

"InsyaAllah nanti menjadi tradisi Ansor tiap bulan Muharrom di tahun-tahun berikutnya," tambah Itqon Hakim.

Sebagai mana roundown acara yang diterima NU Pati, acara pertama dari rangkaian Selametan Bumi Pesantenan adalah 100 Khataman Al Quran. Para hafidz dari anggota GP Ansor akan berkhataman di Makam Ki Ageng Penjawi pada Kamis, 19 September 2019, mulai pukul 07.00 WIB.

Ki Ageng Penjawi adalah tokoh Mataram yang karena jasanya, oleh Jaka Tingkir, dianugerahi kekuasaan tanah di Pati. Di Pati ini, Ki Ageng Penjawi memerintah Kadipaten Pesantenan Pati, melanjutkan era keemasan dari Adipati Kembangjoyo, Tombronegoro, dan Tondonegoro. Pemerintahan Penjawi dilanjutkan oleh putranya, Joyokusumo atau yang bergelar Adipati Pragola.
Merujuk pada kilas sejarah tersebutlah, salah satu rangkaian acara dalam Selametan Bumi Pesantenan ini digelar di makam Ki Ageng Penjawi. Makam ini sendiri terletak di Jalan Penjawi, Desa Randukuning, Kec. Pati Kota.

Acara kedua dan ketiga akan diselenggarakan pada keesokan harinya, Jumat (20/9/2019) di Stadion Joyokusumo. Diawali pada pukul 17.00 WIB adalah Apel Pembaretan 5.000 Banser. Apel akbar ini akan diikuti oleh Banser dari seluruh penjuru Kabupaten Pati.

Selametan Bumi Pesantenan
Pamflet Istighosah Kubro dalam rangka Selametan Bumi Pesantenan, pada Jumat (20/9) malam. Tersedia doorprize umroh.

Malamnya, pada pukul 19.00 WIB, akan digelar Istighosah Kubro. Acara yang terbuka untuk umum ini akan dipimpin oleh KH. Agus Ali Masyhuri. Beliau adalah Pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo sekaligus Wakil Rois PWNU Jawa Timur.

Dalam acara istighosah yang akan diiringi juga dengan Hadroh dari MDS Rijalul Ansor Pati ini hadirin akan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah Umroh. PC GP Ansor Pati telah menyediakan 6 paket umroh sebagai doorprize. Satu paket berupa umroh gratis dan sisanya, 5 paket, berupa DP umroh yang masing-masing senilai 3,5 juta rupiah.

Direncanakan jajaran pengurus PCNU Kabupaten Pati, Bupati dan Forkopimda Kabupaten Pati akan hadir dalam gelaran Selametan Bumi Pesantenan ini. (mun/ltn)