85 Pendekar Lolos Pengesahan Pelatih

85 Pendekar Lolos Pengesahan Pelatih

Admin
Jumat, 13 September 2019

PATI-Sejumlah 85 orang pendekar berkumpul di kantor PCNU Pati. Mereka datang untuk mengikuti Pengesahan Pelatih yang diadakan oleh Pengurus Cabang Pagar Nusa Pati, Jumat (13/9) siang hingga malam ini.

Ke 85 peserta yang hadir merupakan perwakilan dari Pengurus Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa di Kabupaten Pati. Dari 85 orang tersebut, ada 15 peserta putri yang ikut. Peserta terbanyak datang dari Pagar Nusa Al Ghozaliyah PAC Gabus dengan jumlah 17 orang.

Para peserta Pengesahan Pelatih Pagar Nusa setelah mengikuti pembukaan Jumat (13/9) siang di aula PCNU Pati

"Pesertanya 85 orang, 15 putri dan lainnya putra. Semuanya lulus pengesahan" ungkap Andif, salah satu panitia dari Kecamatan Gabus.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Zainal Abidin, ketua panitia pelaksanaan Pengesahan Pelatih tahun ini. Menurut Abidin, pengesahan pelatih merupakan acara tahunan Pagar Nusa Pati. Tahun ini merupakan salah satu pengesahan dengan peserta terbanyak.

Seleksi SDM

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, hadir dua tokoh penting, K. Yusuf Hasyim, M.Si. selaku ketua PCNU Pati dan Ketua PC Pagar Nusa Pati, Edi Suyono, S.Pd.I. Keduanya memberikan support positif untuk para calon pelatih pencak silat yang mengikuti pengesahan tersebut.

Menurut Edi, ajang pengesahan pelatih bukan perhelatan biasa. Namun, hal ini bertujuan untuk menjaga keaslian jurus Pagar Nusa dan menjaga profesionalitas Sumber Daya Manusia (SDM) pelatih.

"Kegiatan ini adalah untuk menyeleksi SDM pelatih sebelum terjun menjadi pelatih" ungkap Edi.

Rencananya, para peserta yang lolos pengesahan akan segera diterjunkan di sekolah-sekolah dan madradah untuk melatih kegiatan pencak silat. Untuk hal ini, Pagar Nusa Pati lebih fokus untuk menurunkan kader pelatihnya di madrasah-madrasah di lingkungan LP Ma'arif yang membutuhkan.

Sementara itu, K. Yusuf  juga mengapresiasi positif. K. Yussuf yang sebelumnya telah ditemu oleh panitia di rumahnya, memberikan statemen cukup singkat namun sarat makna.

"Kegiatan di masing-masing Banom adalah sebagai bentuk eksistensi Banom tersebut. Lebih jauh lagi, kuatnya Banom-Banom di NU adalah bukti kokohnya NU. Pagar Nusa sebagai salah satu Banom yang paling aktif, memberikan dampak positif bagi NU. Tidak ada tindakan lain yang lebih baik untuk kami (PCNU) lakukan kecuali mendukung dan mendukung".tandasnya.(lut/ltn)