Takbir Keliling Mini Semarakkan Malam Idul Adha di Gembong

Takbir Keliling Mini Semarakkan Malam Idul Adha di Gembong

Admin
Sabtu, 10 Agustus 2019

GEMBONG-Jalan Raya Pati Gembong Km. 13 Ngembes mengalami kemacetan. Hal ini dikarenakan ratusan orang turun ke jalan utama yang menghubungkan Pati, Gembong dan Muria tersebut. Beberapa kendaraan terpaksa berjalan pelan mengikuti alur masyarakat yang tumplek blek di jalan. Bahkan saking padatnya, beberapa personil kepolisian juga diterjunkan untuk mengatur lalu lintas.
Peserta takbir keliling mini Dukuh Ngembes, Desa Gembong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati sedang menarik truk mainan penuh dekorasi sambil mengumandangkan takbir 

Kedatangan masyarakat Gembong dan sekitarnya tersebut adalah untuk menyaksikan arak-arakan takbir keliling mini. Seperti halnya takbir keliling dengan menggunakan truk pada saat Idul Fitri, takbir keliling mini juga menggunakan truk penuh hiasan dan dekorasi. Hanya saja truk yang digunakan adalah truk mainan yang ditarik oleh anak-anak di sekitar Dukuh Ngembes, Desa Gembong, Kecamatan Gembong. 

Sedikitnya lima puluh anak beserta 'truknya' mengikuti arak-arakan keliling kampung. Meskipun hanya menggunakan kendaraan mainan, namun animo anak-anak peserta takbir keliling mini ini begitu besar. Salah seorang peserta mengaku telah menyiapkan dekorasi untuk truk mainannya selama satu bulan. 

Beberapa miniatur bangunan, kendaraan hingga tokoh dan binatang dibuat begitu detil lengkap dengan lampu penerang bertenaga aki. Rata-rata, anak-anak membuat sendiri dekorasinya dengan minyisihkan uang saku sekolah. 

"Ini benar-benar mirip dengan takbir keliling betulan" ungkap Nadia, salah seorang warga yang baru pertama menyaksikan arak-arakan ini. 

Untuk menambah semangat peserta, panitia memberikan hadiah kejutan bagi para pemenang. Adapun aspek penilaiannya adalah dekorasi dan ketertiban peserta. Bukan hanya di Dukuh Ngembes, anak-anak di Dukuh Sentul, Gembong juga melakukan hal yang sama. 

"Di Sentul juga ada, dan sama-sama bikin macet. Tapi asyik dan lucu" ungkap warga lainnya.(karim/ltn)