Sholat Id Dijaga Banser, Masyarakat Apresiasi Positif

Sholat Id Dijaga Banser, Masyarakat Apresiasi Positif

Admin
Minggu, 11 Agustus 2019

PATI-Hari raya idul qurban atau idul adha selalu mendatangkan kegembiraan bagi masyarakat. Prinsip saling berbagi menjadikan spirit utama setiap momen idul qurban.

Beberapa anggota Banser bersiap melakukan pengawalan kegiatan sholat id di Masjid Agung Baitunnur Pati

Di Masjid Agung Baitunnur Pati, pentembelihan hewan qurban dilaksanakan Minggu (11/8) pagi setelah shalat ied. Ratusan jama'ah memadati masjid untuk mengikuti ritual tahunan tersebut. Untuk mengawal kegiatan tersebut, Banser Pati juga menerjunkan 30 anggotanya yang tersebar di area Masjid Agung Baitunnur.

Haryono, salah satu personil yang ikut berjaga, menegaskan bahwa kehadiran banser bukan hanya untuk turut mengawal para kiai dan kegiatan sholat id. Namun, ia menganggap bahwa dengan kedatangan anggota Banser di Masid Baitunnur dapat memberikan kesan damai bagi para masyarakat.

Asumsi ini senada dengan yang dirasakan oleh beberapa jama'ah. Abid, salah satu Warga Pati Kota yang turut dalam sholat id di Masjid Agung Baitunnur menuturkan kebanggaannya terhadap Banser.

"Kalau ada kegiatan terus ada Banser yang mengawal kegiatan, berbarengan dengan TNI dan Polri itu rasanya adem ayem dan kami merasa nyaman. Karena apa? Gereja aja dijaga meskipun taruhannya nyawa, apalagi kita. Seneng aja melihatnya" ungkap Abid

Dalam agenda tersebut, KH. Nur Faqih Fanani bertindak sebagai imam sekaligus khotib. Bupati Pati, Haryanto, juga menyempatkan hadir dan memberikan sambutan. 

Dalam sambutannya, Haryanto berharap spirit kurban bisa tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Pesan ini disampaikan untuk masyarakat pati secara umum, khususnya bagi pelaku Pembangunan Kabupaten Pati, dalam hal ini semua komponen pemerintah. Akhirnya, acara sholat ied tersebut ditutup dengan penyembelihan empat ekor sapi dan lima ekor kambing.(karim/ltn)