Rakor Perdana PCNU Sepakati Agenda Prioritas

Rakor Perdana PCNU Sepakati Agenda Prioritas

Admin
Senin, 26 Agustus 2019

PATI - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pati menyelenggarakan Rapat Pleno Koordinasi PCNU, Lembaga dan Pengurus MWC Se-Kab. Pati, Ahad (25/8) bertempat di lantai III Aula Kantor PCNU Pati. Rakor diawali dengan bacaan Tahlil oleh KH. Abdullah Bahij, salah satu wakil Rais PCNU Pati, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Syubbanul Wathan.


Rais Syuriyah PCNU, KH. M. Aniq Muhammadun berharap rapat koordinasi seyogyanya dilaksanakan secara rutin sebagai sarana menyerap aspirasi masyarakat. Disamping itu juga semua pengurus PCNU, Lembaga, Banom dan MWCNU lebih aktif mengikuti rapat-rapat koordinasi yang dilaksanakan PCNU untuk membicarakan program kerja jangka pendek yang telah dirumuskan dan segera dilaksanakan.

Kyai Aniq juga mengingatkan kepada pengurus MWC dan lembaga bahwa sekarang ini ada organisasi yang ingin mencari pengaruh di kalangan warga nahdliyin, kalau kita tidak aktif membina umat, maka masjid, sekolah dan musholla bisa jadi akan dikuasai oleh organisasi lain.
Kita berharap NU kedepan lebih terorganisir, sehingga kita bisa memberi manfaat kepada warga Nahdlatul Ulama.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PCNU Kab. Pati, Yusuf Hasyim, M.S.I, saat memimpin rakor bahwa suatu organisasi bisa berjalan dengan baik apabila koordinasi antara pemegang wewenang dan pelaksana program juga berjalan baik. Paling tidak kalau pengurus mau bertemu, berbagi informasi dan berkomunikasi maka program kerja yang telah ditetapkan dalam Musyawarah Kerja tidak hanya sebagai pajangan semata, tapi bisa dilaksanakan dan dievaluasi secara periodik.

Oleh karena itu, lanjut Yusuf Hasyim,  pada awal periode kepengurusannya telah disepakati oleh pengurus harian beberapa agenda prioritas selain penguatan Kapasitas Kelembagaan Nahdlatul Ulama melalui program restrukturisasi juga disepakati adanya rapat koordinasi, antara lain Rapat Penghar PCNU dilaksanakan setiap hari ahad minggu pertama setiap bulan, dan rapat koordinasi PCNU, Lembaga, Banom dan MWC dilaksanakan secara rutin tiap dua bulan sekali. Disamping itu juga ada rapat koordinasi masing-masing lembaga secara tentatif sesuai dengan kebutuhan.

Pada rapat koordinasi itu disepakati pula Jadwal Turba PCNU ke MWCNUse-Kab. Pati dengan menghadirkan seluruh pengurus MWCNU, lembaga dan banom dan juga pengurus ranting. Target dari pelaksanaan Turba adalah tersosialisasikannya program kerja PCNU Kab Pati Masa Khidmat 2019-2024 sampai ke tingkat ranting, juga sebagai wahana evaluasi dan penyerapan aspirasi dari pengurus dan warga Nahdlatul Ulama. 

Menutup rapat koordinasi perdana itu juga disepakati pelaksanaan rapat koordinasi kedua pada  bulan Nopember 2019 dengan agenda pembahasan penguatan Kapasitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan, diantaranya adalah melanjutkan pelaksanaan PKPNU untuk pengurus lembaga, banom, MWC dan ranting. Serta pelatihan-pelatihan internal lembaga seperti manajemen Koin NU Lazisnu, pelatihan manajemen dan Fiqih Masjid LTM NU, Bahtsul Masail LBM, Roadshow LDNU, Poliklinik LKNU, dan lain-lain. (Niam/LTN).