Pemkab - PCNU Gelar Istighosah Bersama Ulama dan Umaro

Pemkab - PCNU Gelar Istighosah Bersama Ulama dan Umaro

Admin
Jumat, 23 Agustus 2019

Istighosah Ulama Umaro Pati
Bupati Pati, H. Haryanto, SH, MM, M.Si, memberikan sambutan dalam Istighosah Bersama Ulama Umaro Kab. Pati (dok. ltnnu)

PATI-Pemerintah Kabupaten Pati bersama PCNU Kabupaten Pati kembali menggelar Istighosah Bersama Ulama dan Umaro. Kegiatan yang dilaksanakan rutinan setiap dua bulan sekali ini dilangsungkan di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (22/08/2019) malam.

Dari unsur ulama, hadir kiai dan ulama dari seluruh penjuru kabupaten Pati. Turut hadir pula Rois PCNU Pati, KH. M. Aniq Muhammadun dan Ketua PCNU Pati, Yusuf Hasyim, M.S.I, lengkap dengan jajaran pengurus cabang, lembaga, dan banom NU. Hadir juga pengurus MWC NU dari setiap kecamatan di kabupaten Pati.

Sedang dari unsur umaro adalah Bupati Pati, H. Haryanto, SH, MM, M.Si bersama Wakil Bupati, Saiful Arifin, S.E. Ditambah dengan anggota Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dan camat se-kabupaten Pati.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang dilanjutkan dengan pembacaan istighosah, manakib Syeh Abdul Qodir Jaelani, Tahlil, dan Maulid Barjanji. Istighosah dipimpin langsung oleh Rois Syuriah PCNU, KH. M. Aniq Muhammadun, Manakib oleh KH. Abdulloh Bahij (Wakil Rois), dan tahlil oleh KH. Abdurrahman Adam (Wakil Katib).

Bupati Pati, H. Haryanto, SH, MM, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan kegiatan rutin dua bulanan sekali yang sudah berlangsung sejak 7 tahun terakhir, saat Haryanto menjabat sebagai bupati pada periode pertama kalinya. Bupati juga menekankan akan pentingnya acara semacam ini sebagai bentuk silaturrahim antara ulama dengan umaro.

"Mudah-mudahan jalinan kerjasama ini terus kita lakukan dalam rangka upaya untuk menyambung tali silaturrahim antara kita", ujar Bupati Pati dalam sambutannya. "Kita gak sulit-sulit. Dengan adanya sering bertemu semacam ini, kita mudah untuk keperluan apa saja", tambahnya.

Senada, Ketua PCNU Kabupaten Pati, Yusuf Hasyim, M.S.I dalam sambutannya mengharapkan kegiatan rutinan yang sudah berlangsung tujuh tahun ini akan tetap berlangsung dan istiqomah. Sehingga Pendopo Kabupaten yang dijadikan tempat kegiatan mampu memberikan nuansa kedamaian bagi masyarakat kabupaten Pati.

"Insyaallah dengan adanya kegiatan istighosah, manakib, tahlil, dan sholawat yang selalu kita rutinkan, di pendopo kabupaten ini, bisa memberikan keberkahanan kepada kita semua khususnya, seluruh pejabat-pejabat kita, umaro kita, di kabupaten Pati ini, juga seluruh masyarakat kabupaten Pati", kata Yusuf Hasyim. "Fainsyaallah akan diberikan rahmat oleh Allah Subhanahu Wataala."

Makan bersama seusai Istighosat Ulama Umaro
Makan tumpeng bersama seusai Istighosat Ulama Umaro Kab. Pati (dok. ltnnu)

Setelah sambutan dari PCNU dan Bupati Pati acara dilanjutkan dengan maudhah hasanah yang disampaikan oleh KH. Minanurrahman, M.S.I yang juga menjabat sebagai Katib PCNU Kabupaten Pati.

Kegiatan Istighosah Bersama Ulama dan Umaro Kabupaten Pati diakhiri dengan acara makan nasi tumpeng bersama. (munir/ltn)