LFNU Pati Rukyah Awal Bulan Dzulhijjah di Pantai Kartini Jepara

LFNU Pati Rukyah Awal Bulan Dzulhijjah di Pantai Kartini Jepara

Admin
Jumat, 02 Agustus 2019


JEPARA-Pengurus Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Pati melakukan Rukyah Hilal di Pantai Kartini Jepara. Kegiatan tersebut dilakukan pada Hari Kamis (1/7) sore. Rombongan LFNU berangkat dari pati pada hari yang sama sekitar pukul 14.30 WIB dan sampai di Pantai kartini Jepara pukul 16.30 WIB.

Ru'yatul hilal yang dilakukan LFNU Pati di Pantai Kartini Jepara

Setibanya di Pantai Kartini sendiri sudah hadir beberapa Lembaga Falakiyah dari berbagai wilayah di sekitar kabupaten Jepara seperti BHRD Jepara, Kemenag Jepara, UNISNU, LFNU Kab. Jepara, LFNU Kab. Kudus dan disusul LFNU Kab. Pati.

Dalam kesempatan rukyah tersebut pada saat Ghurub, hilal di pantai kartini jepara tidak berhasil di rukyah oleh beberapa lembaga falakiyah yang hadir, hal ini di sebabkan karena cuaca di pantai kartini pada saat matahari terbenam berawan cukup tebal sehingga hilal tidak mungkin dirukyah, walaupun ketinggian cukup tinggi yaitu diatas 3 derajat, namun dibeberapa daerah hilal sudah nampak terlihat antara lain di POB Condrodipo Gresik di POB Tanjung Kodok Lamongan, POB Ponpes Baitul Hikmah Pasuruan, POB Masjid Jami’ Denanyar, bahkan hilal juga terlihat di POB UMK Kudus.

Dengan demikian Insya Allah 1 Dzulhijjah 1440 H Jatuh Pada Hari Jumat, Tanggal 2 Agustus 2019, sedangkan Hari Arofah InsyAllah Jatuh pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019 dan Hari Raya Idul Adha InsyAllah Jatuh pada Hari Ahad Tanggal 11 Agustus 2019.

Insya Allah tidak ada perbedaan dalam penentuan hari raya Idul Adha tahun 1440 H ini antara pemerintah, NU dan organisasi keagamaan lainnya.(na/ltn)