Inilah 33 Siswa Madrasah yang Wakili Pati ke KSM Jateng

Inilah 33 Siswa Madrasah yang Wakili Pati ke KSM Jateng

Admin
Kamis, 01 Agustus 2019

Kemenag Kabupaten Pati akan mengirimkan 33 siswa madrasah sebagai perwakilan dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi. Pengiriman ini sebagai tindak lanjut penyelenggaraan KSM tingkat Kabupaten yang telah dilaksanakan pada 20 Juli kemarin. Demikian diputuskan dalam rapat koordinasi antara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati dengan Komite KSM Kabupaten yang diselenggarakan pada Kamis (1/8) siang di Kantor Kemenag Pati.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut Ketua KKM MA, MTs, MI se-kabupaten, koordinator pengawas, dan madrasah dari 33 siswa yang hendak dikirim.

Pembukaan KSM Kab. Pati
Pembukaan KSM Kabupaten Pati Tahun 2019 jenjang MI, Sabtu (21/7) di MTs Negeri 3 Gembong (dok. munir/ltn)

Ke-33 siswa madrasah yang akan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi ini merupakan pemenang pertama hingga ketiga untuk masing-masing kategori dari KSM Tingkat Kabupaten. KSM Tingkat Kabupaten Pati sendiri telah berlangsung pada Sabtu, 20 Juli 2019 di MTs Negeri 3 Pati, MA Negeri 1 Pati, dan MA Negeri 2 Pati.

Berdasarkan salinan Surat Keputusan Kepala Kankemenag Kabupaten Pati tentang Penetapan Juara KSM yang diterima redaksi PCNU Pati, siswa-siswi juara KSM Kabupaten yang akan mewakili Kabupaten Pati dalam ajang KSM tingkat Provinsi berasal dari madrasah yang beragam.

Dari bidang Matematika Terintegrasi Madrasah Ibtidaiyah, secara berurutan, Diva Nafrin Tania dari MI Nurul Falah Dukuhseti, Elsa Kholifatul Jannah (MI Manahijul Huda Dukuhseti), dan Dafa Fariz Muhammad (MI Tarbiyatush Shibyan Juwana). Sedang pada bidang IPA Terintegrasi Madrasah Ibtidaiyah tercatat Aimar Ikhwan Zen (MI Tarbiyatul Islamiyah Jakenan), Widyadhana Cindy (MI Manbaul Huda Gunungwungkal) dan Vira Nur Sabrina (MI Roudlatusysyubban Winong).

Untung Jenjang Madrasah Tsanawiyah terdiri atas tiga bidang. Pertama Matematika Terintegrasi MTs yang akan diwakili oleh Muhammad hanif (MTs Abadiyah Gabus), Naufal Rizky Fadhil Hakim (MTs Abadiyah Gabus), dan Nika Widyaningrum (MTs Abadiyah Gabus).

Bidang IPA Terintegrasi MTs akan memberangkatkan Kurnia Alfi Ni'mah (MTs N 1 Pati), Alysta Umaiyah Rizqi (MTs Silahul Ulum Trangkil), dan Nutri Nor Shella (MTs Miftahul falah Dukuhseti). Sedang untuk bidang IPS Terintegrasi MTs akan berangkat Bayu Nur Febriyanto (MTs PI Al Huda Tayu), Saqya Ainil Mazaya (MTs N 3 Pati), dan Hilda Rahma Aliya (MTs Sunan Prawoto Sukolilo).

Untuk jenjang Madrasah Aliyah, pada bidang Matematika Terintegrasi MA akan dikirim Nur Hidayah (MA Matholi'ul Falah Juwana), Luthfika Fadhilatul Auliya (MA Salafiyah Margoyoso), dan Muhammad Riidazuhro Hugo Al Hamzah (MA Muwahidun Gembong). Bidang Biologi MA yang mewakili adalah Intan Yusnia (MA Salafiyah Margoyoso), Maulida Hidayah (MA Al Hikmah Margoyoso), dan Matsna Farha Fuadana (MA Madarijul Huda Dukuhseti).

Terakhir bidang Fisika Terintegrasi akan berangkat Zahrotun Nafhah (MAN 2 Pati), Aura Novanti Utomo Putri (MA Nurul Qur'an Pucakwangi), dan Ikhdaa Nur Intan Fatimah (MA Nurul Qur'an Pucakwangi).

KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah akan diselenggarakan di Kebumen pada 15 Agustus 2019. (munir/ltn)