Bulan Depan PCNU Pati Turba ke Tiap Kawedanan

Bulan Depan PCNU Pati Turba ke Tiap Kawedanan

Admin
Senin, 26 Agustus 2019

PATI - Bulan September besok, PCNU Kab. Pati mengagendakan melakukan turba (turun bawah) ke masing-masing MWC NU di Kabupaten Pati. Meski, untuk efektivitas pelaksanaannya, turba tersebut dilakukan per-eks kawedanan.

Kepastian pelaksanaan turba pengurus cabang NU Kabupaten Pati ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi antara PCNU dengan MWC NU se kabupaten Pati, Ahad (25/08) siang kemarin.

Dr. Ahmad Choiron, M.Ag

Wakil Ketua PCNU Kab. Pati, H. Dr. Ahmad Choiron, M.Ag, mengungkapkan turba ini sebagai bentuk konsolidasi antara pengurus cabang, termasuk lembaga-lembaga yang ada dengan pengurus MWC NU di setiap kecamatan.

Turba pertama akan dilaksanakan pada Ahad, 8 September 2019 di eks kawedanan Tayu. Kemudian berturut-turut setiap Ahad mulai dari Kec. Pati Kota, Jakenan, Juwana, dan terakhir Kayen pada 6 Oktober 2019.

Masih menurut Dr. Ahmad Choiron, diharapkan dengan konsolidasi antara PCNU dengan MWC NU mampu mendukung program restrukturisasi keorganisasian Nahdlatul Ulama di Kabupaten Pati. Baik untuk tingkat kabupaten, kecamatan (MWC), bahkan hingga ke tingkat desa (ranting). Sehingga program ini merupakan implemnetasi langsung dari amanat Muskercab terkait dengan restrukturisasi organisasi. Baca: PCNU Targetkan Restrukturisasi Tuntas Hingga Ranting Tahun Ini

"Kita tidak sekedar banyak tetapi harus terstruktur," tegas tokoh NU yang juga menjadi Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Pati ini.

Adapun daftar dan jadwal penyelenggaraan turba adalah sebagai berikut:

  • Tanggal 8 September 2019 di Tayu yang diikuti oleh MWC NU se eks kawedanan Tayu yang meliputi MWC NU Kec. Tayu, Dukuhseti, Cluwak, dan Gunungwungkal.
  • Tanggal 15 September 2019 di Pati Kota yang diikuti oleh MWC NU se eks kawedanan Pati yang meliputi MWC NU Kec. Pati Kota, Margorejo, Tlogowungu, dan Gembong.
  • Tanggal 22 September 2019 di Jakenan yang diikuti oleh MWC NU se eks kawedanan Jakenan yang meliputi MWC NU Kec. Jakenan, Winong, Pucakwangi, dan Jaken.
  • Tanggal 29 September 2019 di Juwana yang diikuti oleh MWC NU dari eks kawedanan Juwana seperti Kec. Juwana, Batangan, Margoyoso, Wdarijaksa, dan Trangkil
  • Tanggal 6 Oktober 2019 di Kayen yang diikuti oleh MWC NU se eks kawedanan Kayen seperti Kec. Kayen, Tambakromo, Sukolilo, dan Gabus.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PCNU Kabupaten Pati, Yusuf Hasyim, M.S.I, menambahkan bahwa dalam pelaksanaan turba dan konsolidasi nantinya tidak hanya dari pengurus harian PCNU. Melainkan masing-masing dari lembaga-lembaga yang ada di PCNU harus ikut serta. Sehingga 

"Kami mohon semua lembaga ikut bersama PCNU. Sehingga ketika ada pitakonan kaitane kalih lembaga, langsung bisa dijawab oleh lembaga", pinta Yusuf Hasyim. (munir/ltn)