Puluhan Siswa Baru MHI Digiring ke Polsek dan Koramil

Puluhan Siswa Baru MHI Digiring ke Polsek dan Koramil

Admin
Selasa, 23 Juli 2019

GEMBONG-Ada yang berbeda di kantor Polsek dan Koramil Gembong, Senin (22/7) pagi. Gelak tawa anak-anak menghiasi dua kantor yang lokasinya bersebelahan ini. Mereka adalah peserta didik baru MI Hidayatul Islam (MHI) Gembong yang sengaja dikenalkan dengan 'Pak Polisi' dan 'Pak Tentara'.

Potret kebahagiaan peserta didik baru MI Hidayatul Islam (MHI) Gembong bersama Polisi Cilik (Pocil) Polsek Gembomg dan Koramil Gembong

Tingkah lucu siswa-siswi kelas I yang berjumlah 29 anak itu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anggota Polsek dan Koramil. Hal ini lah yang disampaikan oleh Bripka Sunar Setya Budi, salah satu anggota Polsek Gembong.

Peserta didik pun sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Mindset bahwa Polisi dan TNI adalah sosok yang menyeramkan agaknya mulai luntur bagi peserta didik MHI. Pasalnya, selama kunjungan berlangsung, anak-anak terlihat begitu santai dan akrab dengan polisi dan TNI.

"Ketika pak polisi memancing anak-anak dengan pertanyaan, mereka langsung rebutan menjawab" ungkap Sunadi, salah seorang guru yang mendampingi kegiatan tersebut.

Di Polsek, anak-anak diminta untuk menyanyikan lagu-lagu wajib dan tembang dolanan serta do'a-do'a pendek. Sedangkan saat kunjungan di Koramil Gembong, mereka diedukasi dengan berbagai tugas dan fungsi TNI. Komandan Rayon Militer Gembong yang baru menjabat dua bulan pun merasa bahagia dengan kedatangan anak-anak lucu ini.

Suci Rahayu, S.Pd.I., guru kelas satu yang juga mendampingi kunjungan pagi itu memaparkan bahwa kegiatan semacam ini bisa membantu perkembangan kecerdasan interpersonal peserta didiknya. Masoh menurut Suci, materi yang disampaikan di Polsek dan Koramil juga sangat pas untuk anak-anak usia dini.

Bukan hanya di dampingi oleh guru, kunjungan ini juga mendapat 'pengawalan' dari Anggota Pocil (Polisi Cilik) Polsek Gembong yang tak lain adalah peserta didik kelas V dan VI MHI. Adanya Pocil ini juga menjadi hiburan tersendiri kepada masyarakat. Misalnya, ketika anggota Pocil turut mengatur lalu lintas saat kunjungan berlangsung.

Polisi Cilik (Pocil)

Kerjasama antara Polsek Gembong dan MI Hidayatul Islam sebenarnya telah berlangsung lama. Madrasah dibawah naungan Yayasan Al Ma'arif Gembong ini didapuk sebagai mitra Polsek dalam pembentukan Pocil.

"Selain jaraknya dekat, yang kami suka dari MHI adalah sinergitas antara siswa, guru dan lembaga yang begitu baik" ungkap Aiptu Sunoto, salah satu instruktur Pocil.

MHI merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tingkat dasar yang menjalin kerja sama dengan Polsek Gembong dalam hal Pocil. Keseriusan MHI pun terlihat dari kedisiplinan peserta didik dan semangat pendidik. Bukan hanya itu, bukti keseriusan MHI juga tampak dari pembuatan seragam Pocil untuk 25 personel yang dibiayai oleh kas madrasah. MHI juga menjadikan Pocil sebagai kegiatan ekstrakurikuler.

"Kami memiliki beberapa kegiatan ekstra wajib dan pilihan, seperti Pocil, marching band, pencak silat, kaligrafi, hadroh, qiro'ah, pramuka dan masih banyak lagi. Selain itu kami juga punya madrasah diniyah yang terintegrasi dengan sekolah" Ujar Sholikhin yang menjabat sebagai Kepala Madrasah.(luthfi/ltn)