PMII Joyo Kesumo Ziarahi Makam-Makam Auliya'

PMII Joyo Kesumo Ziarahi Makam-Makam Auliya'

Admin
Senin, 29 Juli 2019

PATI-Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Joyo Kesumo Pati melakukan tour religi tiga wali di Pati dan sekitarnya. Kegiatan ini berlangsung dari Hari Minggu (28/7) siang hingga malam. Belasan pengurus Komsat Joyo Kesumo membelah panasnya siang dan dinginnya malam untuk mengingat jasa para auliya'.

Para Pengurus PMII Komsat Joyo Kesumo saat melaukan ziarah di makam Sunan Kalijaga, Demak

Makam auliya yang disambangi adalah Makam Sunan Muria, Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga, Demak. Hal ini bertujuan untuk menegaskan bahwa mahasiswa bukan hanya berkecimpung pada dunia kampus saja, namun juga melakukan kegiatan positif di luar kampus. Tampaknya, jargon PMII dzikir, fikir dan amal sholeh hendak diinternalisasikan melalui kegiatan ini. Hal ii diiyakan oleh Bambang, salah satu pengurus PMII Komsat Joyo Kesumo.

"Dalam ziarah itu ada dzikir, ada juga fikir. Menelusuri jejak sejarah, dan terakhir amal sholeh. Ya harapan kami amalan kami dicatat jadi amal sholeh" kelakar Bambang.

Selain sebagai bentuk semangat menegakkan jargon PMII, kegiatan ini juga menunjukkan bahwa kader PMII terus dibiasakan untuk menjalankan amalan-amalan NU. Diakui atau tidak, ziarah makam wali adalah salah satu amaliyah andalan warga NU.(karim/ltn)