PMH Al-Kautsar Gandeng LTN NU Gelar Training Jurnalistik

PMH Al-Kautsar Gandeng LTN NU Gelar Training Jurnalistik

Admin
Jumat, 26 Juli 2019

Pesantren Mathali'ul Huda Al-Kautsar mengadakan Training of Journalism untuk pengelola media pesantren pada Jumat (26/7) di Gedung PDF PMH Al-Kautsar. Training tersebut menghadirkan M. Sofyan Alnashr dan Arwani dari LTN NU Pati sebagai trainer.

Acara training diawali dengan materi pengantar jurnalistik, tehnik reportase dan wawancara. Kemudian sesi kedua dilanjutkan dengan manajemen redaksional dan praktik penerbitan produk jurnalistik.

Training Jurnalistik PMH Al-Kautsar
M. Sofyan Alnashr dari LTN NU Kab. Pati tengah memberikan materi dalam Training of Journalism di PMH Al-Kautsar Kajen (26/7). Dok LTNNU

Niam Sutaman, pembantu pengasuh PMH Al-Kautsar dalam sambutannya menegaskan pentingnya media bagi lembaga pendidikan pesantren. "Setelah acara ini media di pesantren dapat aktif kembali, baik cetak maupun online", ucap sosok yang juga menjadi ketua Laziznu Pati.

"Santri harus memiliki kemampuan jurnalistik supaya mampu mengolah berita dengan baik dan menyebarkannya kepada masyarakat", ucap Sofyan mengawali training.

Ia menambahkan bahwa kemampuan jurnalistik terlihat sepele namun tidak sembarang orang mampu melakukannya. Dalam menulis berita, "Setidaknya memenuhi unsur 5W+1H yang tersusun baik dan menarik", jelasnya.

Selanjutnya, para peserta training juornalistik diamanahi untuk mengelola media pesantren sehingga menjadi pusat informasi bagi PMH Al-Kautsar.