206 Mahasiswa Akan Dilepas untuk Mengabdi Kepada Masyarakat

206 Mahasiswa Akan Dilepas untuk Mengabdi Kepada Masyarakat

Admin
Jumat, 19 Juli 2019


PATI-Pengabdian merupakan salah satu tugas utama mahasiswa. Sebab, mahasiswa tidak hanya berkecimpung di dunia akademik saja nantinya. Sebagai agen perubahan, skill bersosialisasi wajib dimiliki oleh segenap mahasiswa guna menyerap aspirasi dan membangun komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat.
Pembekalan KKN Mahasiswa di Aula lantai 2 IPMAFA 

Oleh sebab itu, pengabdian masyarakat perlu dilakukan sebagai laboratorium lapangan bagi mahasiswa. IPMAFA sebagai salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Pati pun tak luput dari kesadaran akan penanaman nilai bermasyarakat bagi para mahasiswanya. Kuliah Kerja Nyata yang merupakan mata kuliah wajib adalah ajang untuk menjalankan tiga tugas mahasiswa sekaligus, yaitu pendidikan, pengabdian kepada masyarakat dan penelitian atau riset.

Setelah mendapatkan pembekalan pada tanggal 1 sampai 2 Juli kemarin, sebanyak 206 mahasiswa IPMAFA akan diluncurkan langsung di masyarakat guna memenuhi tugas akademiknya. Program KKN ini akan dilaksanakan selama 45 hari dimulai tanggal 22 Juli 2019 sampai dengan 4 September 2019.

206 agen perubahan itu akan disebar di 20 desa. Diantaranya adalah 7 desa di Kecamatan Dukuhseti dan 13 Desa di Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Hal ini bertujuan untuk membiasakan mahasiswa hidup dan menyatu dengan masyarakat secara langsung.

Hal ini senada dengan apa yang disanpaikan oleh Ahmad Nashiruddin, ketua penyelenggara KKN IPMAFA saat ditemu Rabu (17/7) siang.

"Kami cuma menitipkan lima poin kepada mahasiswa KKN kali ini. (Diantaranya) Menjaga nama baik almamater, menambah pengetahuan mahasiswa, memberikan manfaat yang cukup berarti pada masyarakat dan program-program selama KKN dapat berjalan paska KKN dan yang paling penting meningkatkan penanaman nilai-nilai aswaja an nahdliyyaj di tengah-tengah masyarakat" tandasnya.(karim/LTN)