114 Santri se-Nusantara Jalani Persiapan Keberangkatan Beasiswa LPDP

114 Santri se-Nusantara Jalani Persiapan Keberangkatan Beasiswa LPDP

Admin
Sabtu, 27 Juli 2019

JAKARTA-Ada yang istimewa dari Persiapan Keberangkatan (PK) awardee beasiswa LPDP angkatan 144 kali ini. Para awardee LPDP yang merupakan para santri dari berbagai pelosok negeri menjadi keunikan tersendiri. Mereka adalah para penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia Program Afirmasi Santri LPDP.

Wajah-wajah semangat santri penerima beasiswa LPDP. Sumber gambar : IG @lpdp_ri

Para santri yang nantinya akan melaksanakan studi di lima negara tujuan ini menjalani PK di Hotel Acacia Jakarta Pusat. Adapun lima negara tersebut adalah Amerika Serikat, Inggris, Swedia, Indonesia dan Australia.

Selama lima hari, terhitung mulai Selasa (22/7) sampai dengan Jumat (26/7) sebanyak 114 peserta digembleng dari jam 05.00 pagi sampai 22.00 malam. Meskipun padat jadwal, namun peserta tidak merasa bosan, sebab para pembicara kelas nasional hadir untuk mengisi forum tersebut. Sebut saja nama-nama seperti Prof. Dr. Azzumardy Azra, M.A., Prof. KH. Nasaruddin Umar, M.A., Ph.D.,  Habiburrahman El Shirazy, M.A., dan nama-nama kondang lain turut mewarnai acara tersebut.

"Kalo kita ngantuk itu eman-eman. Karena apa yang disampaikan pembicaranya bermanfaat semua" ujar Dewi Furusin, penerima beasiswa LPDP asal Blitar.

Dewi dan juga peserta santri lainnya berharap besar agar program ini bisa mencetak generasi perubahan nantinya. Saat ditemui Sabtu (27/7) siang, Dewi mengungkapkan cita-citanya dan kawan-kawannya di masa mendatang.

"Saya berharap nanti apa yang kita dapat selama menjalani studi dapat kita pilah-pilah dan kita aplikasikan di Indonesia. Sehingga pendidikan di Indonesia semakin maju, kita yang bawa kemajuan tapi baju santri tidak kita tinggalkan. Itu harapan kami" imbuh santri penerima beasiswa Melbourne University tersebut.

Kedatangan Menkeu

Tak luput, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga turut mengisi sharing season dalam penutupan PK 144 tersebut. Kedatangan Menkeu ini menjadi semacam kejutan bagi para santri peserta karena Menkeu memang tidak dijadwalkan untuk hadir. Seperti diketahui, Sri Mulyani adalah salah satunpendiri LPDP.

Dalam kehadirannya dalam forum tersebut, Sri Mulyani menandaskan bahwa santri harus bisa memberi perubahan Indonesia kedepan. Hal ini disampaikan secara singkat dan padat pada penghujung acara Jumat (26/7).

"Kalian para santri harus bisa mempelajari hal-hal baru. Perkenalkan Indonesia pada dunia, karena kalianlah duta besar Indonesia" demikian dorong Sri Mulyani kepada santri peserta PK 144.(karim/ltn)