Ngaos Jurnalistik

Ngaos Jurnalistik

Admin
Selasa, 26 Desember 2017


Pati , Pelatihan jurnalistik Rabu (13/12) malam di lantai dua Ponpes Shofa Az Zahro (PPSA) sangat memotivasi para peserta.  Kegiatan bertajuk "Ngaos Jurnalistik : Asyiknya Jadi Pencari Kabar" ini sedikitnya diikuti oleh lima puluh santri PPSA. Sedikitnya santri yang turut dalam agenda tersebut ditengarai pelaksanaannya yang telah memasuki liburan pondok.
"Kalau pesertanya sedikit seperti ini kita malah fokus" ungkap Aryani, salah seorang peserta.
Benar saja, santri yang mengikuti pelatihan tersebut terlihat sangat antusias sampai acara selesai sekitar pukul 22.00 WIB. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi dunia jurnalisme santri. Pun demikian disampaikan oleh Maulana Luthfi Karim (MLK) Pimpinan Redaksi Majalah Pribumi yang bertugas sebagai pemateri.
"Saya sangat surprise melihat antusiasme ini. Jelas jauh melampaui ekspektasi kami" Ujar MLK.
Agenda luar biasa ini digalang oleh tiga pihak sekaligus, yakni PPSA, KMPP (Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati) UIN Suka Jogja dan Majalah Pribumi. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadsran jurnalistik di kalangan santri. Selajn itu, melalui pelatihan jurnalistik ini para santri diharapkan mampu menjadi jurnalis yang benar-benar mengedepankan prinsip-prinsip jurnalistik.
"Era digital ini, yang punya kekuasaan adalah media. Maka dari itu kami mengantisipasi agar santri kami menjadi jurnalis yang jujur" ungkap Ustadz Faiz Aminuddin, Mudarris PPSA.
Ketua KMPP-UIN Suka juga menambahkan bahwa dengan generasi muda yang dilatih untuk melakukan kegiatan jurnalisme dengan baik, diharapkan bisa menangkal kabar-kabar yang bersifat fiktif atau hoax.
"Tadi sudah disampaikan sama Kang Luthfi. Kalau jurnalis yang benar-benar jurnalis, pasti tidak pernah menyebarkan kabar hoax. Itulah harapan kami kepada adik-adik ini" Ujar Ahmad Najib, Ketua KMPP UIN Suka.
Dalam acara yang berlangsung dua jam tersebut, banyak hal yang disampaikan. Semua materi sengaja difokuskan dalam penyajian berita. Mulai dari prinsip penulisan berita, alur penerbitan hingga tips-tips menulis berita diuangkap secara padat dan jelas oleh MLK.