Fundraising Zakat

Fundraising Zakat

Admin
Jumat, 17 November 2017


Pati. MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati mengadakan pelatihan Zakat oleh Program Studi Manajemen Zakat Wakaf IPMAFA, kemarin 16/11. Lembaga zakat harus dikelola secara profesional. Salah satu divisi yang harus dikembangkan kreativitas dan inovasinya adalah fundraising, yaitu bagian penggalangan dana.
Haryanto, mahasiswa Prodi Manajemen Zakat Wakaf IPMAFA semester 3 asal Rembang sangat cakap dan gamblang ketika menjelaskan tentang fundraising dan kiat-kiat efektifnya.

Berbekal materi fundraising dari  dari Pirac Jakarta, ia mampu mengembangkan materi tersebut dengan contoh-contoh yang kontekstual.
Beberapa tahapan fundraising:Pertama, buka mata : dengan melihat persoalan riil yang ada di masyarakat (kemiskinan, kenakalan remaja, ketimpangan ekonomi, dll)  Kedua, buka akal: dengan memohon pandangan dan wawasan seseorang tentang solusi dari persoalan tersebut
Ketiga, buka hati: dengan bersama-sama merasakan keprihatinan terhadap persoalan yang ada, dan persoalan tersebut dianggap menjadi persoalan bersama yang harus diatasi bersama sesuai bidangnya masing-masing. Keempat, buka dompet: jika persoalan sudah dirasakan menjadi problem bersama, maka partisipasi semua pihak sangat dibutuhkan. Jika seseorang mempunyai kelebihan harta, maka harta itulah bentuk partisipasinya. Jika seseorang mempunyai kelebihan ilmu dan tenaga, maka itulah bentuk partisipasinya, dan lain-lain.(n)